visitaaponce.com

Fitch Turunkan Rating Utang AS

Fitch Turunkan Rating Utang AS
Ilustrasi(MI)

Lembaga pemeringkat Fitch Ratings menurunkan peringkat surat utang Amerika Serikat dari AAA menjadi AA+, pada Selasa (1/8). Penurunan tersebut dilandasi pada kondisi fiskal Negeri Paman Sam yang diperkirakan melemah dalam tiga tahun ke depan akibat beban utang yang meningkat.

"Penurunan peringkat Amerika Serikat mencerminkan penurunan fiskal yang diprediksi terjadi selama tiga tahun ke depan, beban utang pemerintah umum yang tinggi dan terus meningkat, dan erosi tata kelola," demikian laporan Fitch yang dikutip pada Rabu (2/8).

Sedianya, pada Mei 2023, Fitch telah menempatkan surat utang AS dalam rating watch negative (pengawasan rating negatif). Itu disebabkan oleh meningkatnya keberpihakan politik yang menghambat resolusi penaikan atau penangguhan batas utang AS beberapa waktu lalu.

Baca juga: The Fed Naikkan Suku Bunga ke Level Tertinggi. Prediksi Nilai Tukar Rupiah?

"Dalam pandangan Fitch, telah terjadi kemerosotan yang stabil dalam standar tata kelola selama 20 tahun terakhir, termasuk masalah fiskal dan utang," kata lembaga tersebut.

"Ketegangan politik batas utang berulang dan resolusi menit terakhir telah mengikis kepercayaan pada manajemen fiskal," tambah Fitch.

Baca juga: Mantan Intel AS Akui Washington Sembunyikan Keberadaan Alien

Fitch juga menilai pemerintah AS tidak memiliki kerangka fiskal jangka menengah. Lembaga pemeringkat tersebut hanya melihat progres yang amat terbatas dalam penanganan peningkatan jaminan sosial dan Mediacare untuk melayani populasi berusia tua.

Laporan itu kemudian direspons oleh eksekutif AS. Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan sangat tidak setuju dengan Fitch. Ia juga mengatakan penurunan peringkat tersebut sewenang-wenang dan berdasarkan data yang sudah ketinggalan zaman.

Yellen mengatakan model peringkat kuantitatif Fitch menurun antara 2018 dan 2020, tetapi lembaga tersebut baru mengumumkan perubahannya sekarang meskipun ada kemajuan yang terlihat dalam indikator.

"Sekuritas treasury AS tetap menjadi aset aman dan likuid terkemuka di dunia dan ekonomi Amerika secara fundamental kuat," tutur dia. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat