visitaaponce.com

Ketua Komisi VI Klaim Stok Elpiji 3 Kilogram Aman

Ketua Komisi VI Klaim Stok Elpiji 3 Kilogram Aman
Ilustrasi(Antara)

Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza mengklaim stok gas elpiji 3 kilogram dalam kondisi aman. Dalam inspeksinya ke pangkalan gas elpiji di daerah pemilihan Probolinggo, Jawa Timur, ia mendapati ketersediaan barang subsidi itu cukup banyak dan tidak ada kelangkaan.

“Kalau ada yang teriak kurang, saya minta Pemerintah Kabupaten gerak cepat karena saya lihat di pangkalan stok masih aman,” ujar Faisol melalui keterangan tertulis, Selasa (1/8).

Menurutnya, permasalahan bukan ada di ketersediaan, melainkan pada sisi distribusi. Oleh karena itu, distribusi harus betul-betul diawasi supaya tidak salah sasaran.

Baca juga: AAKI: Pertamina Sigap Amankan Pasokan Gas Melon di Berbagai Wilayah

“Yang terpenting adalah distribusinya. Jangan sampai LPG gas melon itu malah dikonsumsi restoran-restoran besar, tidak tepat itu,” ucap politikus PKB tersebut,

Faisol juga mengapresiasi pemda dan pihak Pertamina yang sudah melakukan inspeksi. Menurutnya, langkah itu perlu dilakukan secara berkala untuk memastikan pasokan aman.

Baca juga: HET Elpiji 3 Kg Rp16 Ribu, Pemda Imbau Warga Membeli di Pangkalan

“Memang harus seperti itu, pemda dan Pertamina gerak cepat untuk mengecek stok di lapangan, dan alhamdulillah stok aman,” ucap Faisol.

Wakil Ketua Komisi VII DPR, Bambang Haryadi, menyampaikan bahwa kuota LPG 3 Kg di 2023 harus di review kembali oleh Kementrian ESDM.

"Pertumbuhan ekonomi di level UMKM Skala Mikro sedang meningkat. Ini harus dijawab dengan pemenuhan kebutuhan alokasi dengan harga yang juga terjangkau bagi masyarakat kecil," ujarnya.

Menurutnya, perlu ada penambahan kuota alokasi yang disertai dengan penambahan kanal distribusi mulai dari agen dan pangkalan.

"Karena dengan semakin bertambah jumlah dan sebaran jalur distribusi tersebut disitu masyarakat semakin terlayani. Pemerintah bersama Pertamina juga semakin mudah melakukan pengawasan. Sekaligus paya menghimbau masyarakat Jawa Timur untuk membeli LPG di pangkalan resmi Pertamina terdekat," tutur Bambang. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat