visitaaponce.com

Anies Baswedan Harap Ada Asuransi untuk Pelaku UMKM

Anies Baswedan Harap Ada Asuransi untuk Pelaku UMKM
Anies Baswedan saat di Jambi.(MI/Solmi Suhar.)

BAKAL calon presiden (bacapres) Anies Rasyid Baswedan menggelar pertemuan dengan 20 pengusaha muda dari berbagai daerah di Pendopo Anies Baswedan, Lebak Bulus Dalam II, Jakarta Selatan, Rabu (2/8/2023). Anies mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih karena disambangi oleh pelaku usaha yang secara sukarela hadir untuk bertemu dan berbincang dengan Anies.

"Saya mendapat kehormatan bisa menyambut tamu para enterpreneur dari berbagai wilayah. Ada yang dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatra, Sulawesi. Tadi kami berdialog, berdiskusi, kami mendengar apa yang menjadi aspirasi," kata Anies.

"Saya terima kasih karena mereka sudah menjadi penyedia lapangan pekerjaan di wilayah masing-masing. Bahkan ada tadi yang memberikan contoh dari Sumedang di tempat yang sangat jauh dari kota secara jarak tetapi usahanya masif di sana dan dirasakan produk-produk di luar, termasuk kita di Jakarta," lanjutnya.

Baca juga: Anies Ajak Bersama Berjuang Lawan Korupsi

Anies mengungkapkan harapannya agar ke depan perhatian dan kebijakan yang diberikan dapat memungkinkan sektor mikro, kecil, menengah dapat tumbuh dan berkembang dalam jumlah yang lebih banyak lagi. "Prinsip yang kami pegang sederhana, membesarkan yang kecil tanpa mengecilkan yang besar. Itu prinsipnya dalam menyusun kebijakan," ucap Anies.

Selain membahas mengenai UMKM, Anies juga memikirkan jaminan sosial terkait para pelaku UMKM agar dapat bekerja dengan lebih aman. "Kemudian yang pertama tadi terkait dengan program-program sosial dan lain-lain, kami melihat terkait dengan UMKM banyak dari mereka yang memerlukan perlindungan terkait dengan asuransi. Contohnya, mereka ada yang punya usaha perikanan. Pelaut itu bisa seminggu dua minggu dengan risiko yang cukup tinggi. Bisa disiapkan program untuk asuransi, sehingga mereka punya rasa tenang untuk keluarganya," ulas Anies.

Baca juga: DPW NasDem Jabar Gelar Rapat Konsolidasi Pemenangan Anies Baswedan di Pemilu 2024

Selain itu, Anies mengungkapkan ada kemungkinan regulasi yang berlaku dapat menghambat usaha mikro kecil untuk bertumbuh. Oleh karena itu, ia menekankan bahwa regulasi semacam itu harus segera diubah.

"Jadi dari pengalaman kami di Jakarta, regulasi-regulasi yang menghambat usaha mikro kecil untuk tumbuh harus diubah. Kita harus bertanya kepada pelaku di berbagai daerah yang punya regulasi-regulasi menghambat," tukasnya.

"Penjual online susah untuk membuat izin usaha, kemarin kita buatkan perubahan regulasi. Sekarang boleh kalau mereka mengerjakan selama itu kegiatan mikro kecil di rumah," tegasnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat