visitaaponce.com

ALAMI Salurkan Pembiayaan Syariah Perkuat Ekosistem Pangan Nasional

ALAMI Salurkan Pembiayaan Syariah Perkuat Ekosistem Pangan Nasional
Direktur Utama ALAMI Fintek Sharia (ALAMI Sharia), Harza Sandityo berharap bantuan yang diberikan bisa berdampak langsung bagi UMKM.(Dok. Alami)

MENYAMBUT Hari Nasional UMKM pada 12 Agustus, ALAMI Sharia dipercaya menjadi sumber pembiayaan bagi ekosistem UKM Pangan. Direktur Utama ALAMI Fintek Sharia (ALAMI Sharia), Harza Sandityo menyerahkan bantuan itu dihadapan Kementerian Koperasi dan UKM, bersama Kementerian di bawah koordinasi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi lainnya yaitu Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Informasi dan Komunikasi bersama Walikota Surakarta. 

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian Road to Indonesia Startup Ecosystem Summit 2023 bertempat di Solo Technopark, dibuka Teten Masduki, Zulkifli Hasan, Sandiaga Uno, Budi Arie, Gibran Rakabuming, dan Putri Tanjung. Kegiatan ini mengusung tema inovasi dan kolaborasi untuk pastikan UMKM menjadi tuan di rumah sendiri, di tengah gempuran persaingan global. Pembiayaan yang disalurkan ALAMI diharapkan mengakselerasi skala wirausahawan dan startup. 

Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki mengatakan, penting bagi pemangku kepentingan baik itu pelaku industri, Pemerintah maupun regulator untuk fokus membenahi juga mengintegrasikan sistem pembiayaan, inkubator, dan kebijakan yang langsung berdampak sehingga indeks kewirausahaan kita meningkat sesuai target Presiden yaitu 4% dari posisi saat ini yaitu 3,47%.  

Baca juga: Dukung Pertumbuhan UMKM Indonesia Melalui Program Berkelanjutan

Harza Sandityo berharap dapat memberikan dampak langsung bagi kemajuan berbagai startup dan UKM menjadi sebuah kehormatan bagi nilai dan visi yang kami junjung. “Dengan kepercayaan Pemerintah dan berbagai ekosistem bisnis pada kami, tentunya menjadi motivasi lebih untuk melanjutkan kerja-kerja yang telah dimulai beberapa tahun yang lalu. Kami ingin kewirausahaan di Indonesia tidak berhenti pada ide-ide saja karena harus terbentur sulitnya akses permodalan. Saat ini sumber pembiayaan melalui Fintech pun telah terbukti mampu menjadi jalan keluar,” tutur Harza.

Melalui mitra ekosistem Beliayam.com, sebuah marketplace yang menghubungkan masyarakat Indonesia dengan peternak Indonesia untuk kebutuhan jual-beli ayam berkualitas, ALAMI InsyaAllah akan melakukan terobosan agar lebih banyak lagi bagi penerima manfaat dari bisnis kami. Terlebih kami juga melihat industri peternakan mengalami pertumbuhan sebesar 0,34% (yoy) dengan kontribusi sebesar 1,58% terhadap Product Domestic Bruto Indonesia (Data: Kemenko Perekonomian, 2021). 

Baca juga: Kementan Bangun Ekosistem Kewirausahaan Pertanian Bersama Stakeholders Terkait

Tingginya potensi ekonomi dari bidang peternakan tersebut perlu didorong untuk memberi manfaat lebih luas lagi bagi masyarakat, salah satunya melalui korporasi peternakan terintegrasi model klaster ini. Selain untuk memenuhi kebutuhan pangan sebagai sumber protein alternatif bagi masyarakat, pengembangan peternakan bertujuan untuk menggerakkan ekonomi pedesaan dan korporasi peternakan rakyat.

Tidak hanya itu, dalam kegiatan  Road to Indonesia Startup Ecosystem Summit 2023 ini, ALAMI dipercaya penyelenggara untuk berbagi wawasan melalui kelas kewirausahaan yang diisi oleh Direktur Program ARQAM sayap akselerator dari ALAMI, Mochamad Nizar dan Kepala Bisnis Pembiayaan Ekosistem ALAMI, Dini Aulia. Puluhan pelaku startup hadir bertukar pengalaman dan mendapatkan pengetahuan baru dari para narasumber untuk memastikan inovasi yang telah mereka mulai dapat berkembang jauh. (RO/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat