visitaaponce.com

Swasta Minat Menjadi Investor IKN, Segera Bangun Rumah Sakit dan Mal

Swasta Minat Menjadi Investor IKN, Segera Bangun Rumah Sakit dan Mal
Suasana proyek pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara,(Antara)

KEPALA Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono menjelaskan investor swasta akan memulai proses pembangunan atau groundbreaking di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, pada September 2023.

Investor-investor tersebut akan membangun sekolah, fasilitas kesehatan atau rumah sakit, mal, hingga pembangunan pusat pelatihan atau training center Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di ibu kota baru.

"Jadi sektor usaha yang akan dibangun itu melengkapi apa yang sudah dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Diharapkan dalam satu bulan ke depan terlihat adanya groundbreaking," kata Bambang di kawasan Bendungan Sepaku Semoi, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (22/8). 

Baca juga : Menteri PPN/Bappenas Jelaskan Alasan Revisi UU IKN yang Baru

Ia menjelaskan peresmian groundbreaking oleh investor swasta akan disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada September 2023 di Nusantara. Perusahaan-perusahaan tersebut berasal dari dalam negeri.

Baca juga : Bappenas-OIKN Pastikan RUU Perubahan UU IKN Libatkan Semua Pihak

Mereka merupakan konsorsium penanaman modal dalam negeri (PMDN) IKN. Konsorsium ini salah satunya dipimpin oleh pendiri Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma.

"Insya Allah sama beliau (presiden) langsung peresmiannya. Mereka ini dalam negeri semua (perusahaan swasta)," ucap Bambang.

Selain perusahaan domestik, investor asing juga sudah menyampaikan letter of intent (LoI) atau penyataan ketertarikan investasi di IKN kepada Otorita IKN.

"Ini mayoritas domestik, tapi saya kira mereka akan bekerja sama dengan asing. Kami sudah menerima 250 lebih LoI. Ada beberapa konsorsium, bahkan ada konsorsium untuk universitas," pungkasnya. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat