visitaaponce.com

BI Perkuat Kerja Sama Mata Uang Lokal dengan Malaysia dan Thailand

BI Perkuat Kerja Sama Mata Uang Lokal dengan Malaysia dan Thailand
Ilustrasi(MI/Susanto)

Tiga bank sentral dari Indonesia, Malaysia, dan Thailand sepakat memperkuat kerja sama penggunaan mata uang lokal melalui Local Currency Transaction (LCT). Penguatan kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan tiga gubernur bank sentral ASEAN di Jakarta, Jumat (25/8).

"Sekarang kita menandatangani langkah besar, Indonesia, Malaysia, dan Thailand untuk memperkuat kerja sama dengan LCT. Ini berguna tidak hanya untuk perdagangan, investasi lintas batas, tapi juga finansial aset. Itu yang kita lakukan," ujar Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Dia mengungkapkan penguatan kerja sama tersebut juga dilakukan melalui sinergi dengan inisiatif sistem pembayaran lintas negara untuk penyelesaian transaksi dalam mata uang lokal yang lebih mudah diakses dan efisien.

Baca juga: Bank Indonesia akan Intervensi Valas, Tangkal Ketidakpastian Ekonomi Global

Kesepakatan tersebut turut menunjukkan komitmen tiga bank sentral untuk memperkuat kerja sama penggunaan mata uang lokal dalam transaksi bilateral antarketiga negara tersebut.

Selain penandatanganan kesepakatan LCT itu, BI juga melakukan kesepakatan Regional Payment Connectivity (RPC) dengan Vietnam. Hingga saat ini, sudah ada lima negara yang menyepakati RPC dengan Indonesia yaitu, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Baca juga: Pengamat: BI Rate Ditahan untuk Ketujuh Kalinya Berturut-turut, agar Rupiah Stabil

"Ke depan, Brunei Darussalam juga segera gabung RPC. Dalam implementasinya itu nanti tergantung kesiapan negaranya," pungkas Perry. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat