visitaaponce.com

Pertamina Jalin Kerja Sama Pengelolaan Teknologi Karbon dengan ExxonMobil

Pertamina Jalin Kerja Sama Pengelolaan Teknologi Karbon dengan ExxonMobil
Petugas melakukan proses injeksi CO2 di sumur JTB-161 Mundu, Jatibarang(Antara)

DUA perusahaan raksasa perusahaan minyak dan gas (migas) yakni PT Pertamina (Persero) dan ExxonMobil berupaya mendorong Indonesia sebagai hub regional penggunaan teknologi penangkapan dan penyimpanan karbon atau carbon capture and storage (CCS).

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan pihaknya telah menerapkan teknologi CCS perdana dengan injeksi C02 di Lapangan Pertamina EP Jatibarang, Indramayu, yang merupakan wilayah kerja Pertamina EP Cirebon Jawa Barat.

"Dengan teknologi enhanced oil recovery (EOR) lewat penggunaan CO2 di lapangan Jatibarang telah menunjukkan indikasi positif dari reservoir terhadap injeksi CO2 dengan metode huff and puff (proses injeksi ke reservoir)," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (25/8).

Baca juga : 

Nicke menyampaikan sistem ini telah dilakukan di dua sumur Lapangan Jatibarang pada Oktober dan Desember 2022 lalu. Selanjutnya, Pertamina akan melakukan percontohan di dua sumur lainnya untuk injeksi CO2 dengan skala penuh.

Baca juga : 

Senada, President ExxonMobil Indonesia Carole Gall juga menyampaikan dukungan terhadap pengembangan CCS di Tanah Air. Pihaknya tengah mengkaji potensi CCS hub di Indonesia.

Adapun potensi kapasitas penyimpanan CO2 di sumur-sumur migas Indonesia mencapai 80-100 gigaton CO2.

"Kami terus mengkaji potensi ini. Dengan kolaborasi baik, Indonesia berpotensi besar menjadi ujung tombak pertumbuhan industri rendah karbon di kawasan," sebutnya.

Executive Director Indonesia CCS Center (ICCSC) Belladonna Troxylon Maulianda menambahkan, penerapan CCS di Indonesia menghadapi sejumlah tantangan, antara lain berupa tata kelola dan regulasi, kerja sama komersial, perlunya kebijakan fiskal yang atraktif, dan penggunaan teknologi berskala industri.

“Dengan segala tantangan yang ada, kami berupaya berkolaborasi dan menyuarakan percepatan penerapan teknologi CCS di Indonesia," tutupnya. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat