visitaaponce.com

Petani Milenial Terdidik, Polbangtan Kementan Laksanakan Yudisium Kelima

Petani Milenial Terdidik, Polbangtan Kementan Laksanakan Yudisium Kelima 
Ketua Senat Polbangtan Medan, Momon Rusmono (kanan).(Ist)

PERGURUAN tinggi vokasi pertanian lingkup Kementerian Pertanian (Kementan), Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) khususnya Polbangtan Bogor mengadakan Yudisium bagi Calon Wisudawan Diploma 3 dan Sarjana Terapan untuk Tahun Akademik 2022-2023, baru-baru isecara offline di Aula Kampus Cibalagung, Kota Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan yudisium dilaksanakan jelang wisuda pada Rabu (30/8) merupakan proses akademik mengenai penetapan nilai dan kelulusan mahasiswa dari seluruh proses akademik.

Yudisium adalah hal yang diimpikan dan dinanti-nanti seluruh mahasiwa Polbangtan Bogor, yang merupakan syarat untuk melaksanakan puncak acara pada proses wisuda pada 30 Agustus 2023.

Baca juga: Polbangtan Terus Dorong Jiwa Wirausaha Pertanian di Kalangan Muda

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan bahwa Pemerintah RI terus mendorong peran penting sektor pertanian menciptakan lapangan kerja di pedesaan, meningkatkan pendapatan keluarga petani, serta memastikan ketahanan pangan nasional. 

"Regenerasi petani merupakan harga mati yang harus segera kita realisasikan bersama. Pendidikan vokasi punya peran penting menghasilkan petani milenial berjiwa entrepeneur," kata Mentan SYL.

Mentan Syahrul mengatakan Kementan terus memfasilitasi generasi muda agar bisa terjun menjadi petani serta wirausahawan pertanian.

Pentingnya Peran Pendidikan Vokasi Cetak SDM Handal

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi menekankan pentingnya peran pendidikan vokasi dalam mencetak SDM handal.

Baca juga: Potensi Pertanian, Polbangtan Rangkul Para Petani Milenial di Wilayah Binaan

"Tonggak utama pembangunan pertanian berada di tangan SDM yang berkualitas, melalui pendidikan vokasi kita hubungkan dengan industri agar lulusannya sesuai kebutuhan dan siap untuk hal-hal baru," kata Dedi.

Sebanyak 231 mahasiswa/i dinyatakan lulus dan dikukuhkan pada yudisium tahun ini. Rinciannya, Program Studi (Prodi) Penyuluh Pertanian Berkelanjutan meluluskan 67 orang,

Prodi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan 66 orang, Prodi Agribisnis Hortikultura 38 orang, Prodi Teknologi Mekanisasi Pertanian 29 orang dan Prodi Kesehatan Hewan 31 orang.

Semua Mahasiswa Ikut Ujian Komprehensif

Ketua Senat Polbangtan Bogor, Momon Rusmono menyampaikan bahwa semua mahasiswa yang mengikuti ujian komprehensif tahun 2023 di Polbangtan Bogor secara keseluruhan dinyatakan lulus 100% dan akan diwisuda pada Rabu (30/8).

Baca juga: Peringati Dies Natalis, Polbangtan Dorong Sinergisitas dengan Mitra

Kegiatan Yudisium dihadiri Wakil Direktur I Rudi Hartono, sekaligus sebagai Plh Direktur serta dihadiri Wakil Direktur III Yoyon Haryanto dan dihadiri seluruh ketua jurusan dan seluruh ketua program studi [Prodi] setelah Shalat Jumat dibuka langsung oleh Ketua Senat Momon Rusmono.

Hadir masing-masing Ketua Prodi yakni Agribisnis Hortikultura, Wahyu Trisna Sari; Teknologi Mekanisasi Pertanian, Intan Kusuma Wardani, Penyuluh Pertanian Berkelanjutan, Ait Maryani; Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan, Lilis Ryanti; dan Kesehatan Hewan, yang menyampaikan anak didiknya sebagai calon wisudawan terbaik predikat pujian maupun predikat memuaskan.

Baca juga: Tingkatkan Daya Saing, Mahasiswa Polbangtan Ikuti Bimtek dan Sertifikasi Kompetensi

Sebanyak 96 orang dinyatakan lulus dengan predikat Pujian dan 135 orang berpredikat Sangat Memuaskan. IPK tertinggi diraih Prodi Teknologi Mekanisasi Pertanian dengan IPK 3,88 dan terendah pada Prodi Agribisnis Hortikultura dengan IPK 3,16.

Peringkat terbaik lulusan 2023 diperoleh Prodi Penyuluh Pertanian Berkelanjutan yakni Alya Husnul Khotimah dengan IPK 3,85; Prodi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan diraih Hamzah Haz [3,85]; Prodi Agribisnis Hortikultura diraih Elyana [3,83]; Prodi Teknologi Mekanisasi Pertanian diraih Dini Karimah [3,88] Prodi Kesehatan Hewan diraih Anisa Nur Azizah [3,78].

Ketua Senat Momon Rusmono mengatakan, seluruh dosen pengajar staf dan pimpinan berharap besar milenial muda yang berprestasi ini dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi seluruh milenial muda indonesia.

"Atau dapat bekerja, berinovasi dan bersinergi dengan perusahaan yang dapat memajukan pertanian dan peternakan di negara yang kita cintai, Indonesia," katanya. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat