visitaaponce.com

Luhut Dampingi PM Tiongkok Jajal Kereta Cepat dari Halim ke Karawang

Luhut Dampingi PM Tiongkok Jajal Kereta Cepat dari Halim ke Karawang
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menemani PM Tiongkok Li Qiang menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung(Dok. KCIC)

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mendampingi Perdana Menteri (PM) Tiongkok Li Qiang menjajal operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Rabu (6/9). Rute yang dilewati ialah Stasiun Halim ke Stasiun Karawang pulang pergi.

GM Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa menyambut baik kehadiran PM Tiongkok.

“Kami merasa terhormat dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan Perdana Menteri Tiongkok melihat sejumlah kesiapan yang telah dilakukan dari berbagai sisi pelayanan, hingga penataan area stasiun," kata Eva dalam keterangan resmi.

Baca juga : PM Tiongkok Diagendakan Jajal KCJB Besok

Dalam kunjungannya ini, Li Qiang mencoba KCJB dari Stasiun Halim hingga Karawang dengan waktu tempuh selama 15 menit. Li Qiang juga dikenalkan dengan motif batik mega mendung yang menghiasi interior kereta cepat pertama di Asia Tenggara itu.

Eva menerangkan Li Qiang berkesempatan melihat berbagai fasilitas dan interior dari Stasiun KCJB Halim dan Karawang. Li juga mencoba kereta penumpang dan lereta inspeksi KCJB dengan kecepatan hingga 350 kilometer per jam.

Baca juga : Operasional Kereta Cepat Jakarta Bandung Tunggu Kejelasan Jadwal Presiden

Eva menambahkan kolaborasi kedua negara amat penting dalam perkembangan kereta api cepat Indonesia. Tiongkok disebut membawa teknologi dan melakukan transfer pengetahuan mengenai infrastruktur dan operasional kereta cepat di Tanah Air.

"Kunjungan ini memberi dorongan dan motivasi bagi kami untuk menyediakan layanan kereta cepat yang optimal dan paripurna kepada masyarakat Indonesia," pungkasnya.

Menjelang operasional pada bulan depan, sejumlah persiapan terus dilakukan KCIC dengan menjalankan 30 kereta per hari. Untuk layanan operasional KCIC memiliki 11 rangkaian kereta penumpang yang seluruhnya sudah tiba di Indonesia dan berada di Dipo Tegalluar. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat