visitaaponce.com

Optimisme Konsumen terhadap Perekonomian terus Menguat

Optimisme Konsumen terhadap Perekonomian terus Menguat
Ilustrasi(MI)

Hasil Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Agustus 2023 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi perekonomian nasional terus menguat. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Agustus 2023 sebesar 125,2, naik dari 123,5 pada Juli 2023.

"Ini mengindikasikan optimisme sejalan dengan penguatan keyakinan konsumen pada Agustus 2023 yang didorong oleh perbaikan persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, terutama persepsi terhadap ketersediaan lapangan kerja dan penghasilan saat ini," kata Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus, Senin (11/9).

Peningkatan tersebut, sambungnya, seiring dengan terus membaiknya aktivitas ekonomi dan penghasilan masyarakat di Tanah Air.

Baca juga: Keluar dari 'Midle Income Trap', Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Perlu di Atas 7%

Dengan kondisi seperti sekarang, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi di masa mendatang juga membaik. Itu ditopang oleh kenaikan pada seluruh indeks pembentuknya, dengan peningkatan tertinggi pada indeks ekspektasi kegiatan usaha.

"Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini tercatat sebesar 115,5 atau naik dari 113,8 dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) Agustus 2023 sebesar 135,9 atau naik dari 133,2 pada bulan sebelumnya," tandas Nico. (Z-11)

Baca juga: Jokowi Sebut Asia Tenggara akan Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi yang Menjanjikan

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat