visitaaponce.com

Jerman Halangi Akuisisi Penuh Startup Satelit oleh Tiongkok

Jerman Halangi Akuisisi Penuh Startup Satelit oleh Tiongkok
Grafik yang menunjukkan lokasi peluncuran satelit utama di seluruh dunia dan proyek yang sedang dikembangkan di Eropa.(AFP.)

JERMAN menghalangi pengambilalihan penuh perusahaan rintisan satelit oleh Tiongkok dengan alasan keamanan nasional. Ini diungkapkan sejumlah sumber yang dekat dengan masalah tersebut kepada AFP pada Kamis (14/9/2023). Ini terjadi ketika Berlin mengambil tindakan yang semakin keras terhadap Beijing.

Prihatin dengan ketergantungan besar negara-negara ekonomi utama Eropa pada Tiongkok, pemerintahan Kanselir Olaf Scholz berupaya mengurangi risiko dan mengurangi ketergantungan. Perusahaan teknologi Jerman KLEO Connect bertujuan membangun jaringan satelitnya sendiri di orbit rendah Bumi yang dapat menyediakan internet ke lokasi terpencil dengan harapan dapat menyaingi Starlink.

Pentingnya strategis telekomunikasi luar angkasa telah disoroti oleh perang Ukraina. Starlink, yang dioperasikan oleh perusahaan SpaceX milik Elon Musk, telah menjadi alat medan perang utama bagi Kyiv.

Baca juga: Tiongkok Sebut Penyelidikan Subsidi Mobil UE akan Berdampak Negatif

Menurut laporan media Jerman, Shanghai Spacecom Satellite Technology (SSST) memegang sekitar 53% saham KLEO Connect dan ingin mengakuisisi 45% lagi dari perusahaan Jerman EightyLeo.

Namun Berlin menghalangi langkah SSST setelah tinjauan investasi oleh kementerian perekonomian menyimpulkan bahwa hal itu dapat membahayakan keamanan publik. KLEO Connect tidak menanggapi permintaan komentar. Kementerian Perekonomian juga menolak berkomentar.

Baca juga: Bank Sentral Tiongkok Pangkas Rasio Cadangan Perbankan

Terdapat perjuangan panjang untuk mengendalikan perusahaan tersebut yang intinya terkait hak frekuensi--memberikan akses terhadap spektrum satelit--yang terdaftar di Liechtenstein beberapa tahun lalu. Demikian yang dilaporkan surat kabar Die Welt.

Kasus-kasus lain yang terjadi baru-baru ini menyoroti meningkatnya kekhawatiran Jerman terhadap investasi Tiongkok. Tahun lalu, pemerintah memblokir penjualan dua pembuat cip kepada investor Tiongkok karena masalah keamanan.

Usulan penjualan saham di pelabuhan Hamburg kepada satu perusahaan Tiongkok memicu pertikaian politik yang sengit. Namun Kanselir Olaf Scholz akhirnya menyetujui akuisisi saham tersebut, meskipun dengan ukuran yang lebih kecil. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat