visitaaponce.com

Startup Prancis Verkor Kumpulkan Modal Bangun Pabrik Baterai Mobil

Startup Prancis Verkor Kumpulkan Modal Bangun Pabrik Baterai Mobil
CEO dan pendiri Verkor Benoit Lemaignan berpose di Paris, sebelum mengumumkan penggalangan dana lebih dari 2 miliar euro.(AFP/Thomas Samson.)

STARTUP Prancis, Verkor, mengatakan pada Kamis (14/9/2023) bahwa pihaknya telah mengumpulkan lebih dari dua miliar euro (US$2,15 miliar) untuk membangun pabrik raksasa baterai mobil listrik. Ini meningkatkan upaya Eropa untuk mengembangkan sektor yang didominasi oleh Asia.

Pabrik tersebut merupakan salah satu dari sejumlah pabrik yang akan didirikan di Prancis utara berdasarkan rencana reindustrialisasi Presiden Emmanuel Macron untuk negara tersebut. Verkor mengatakan bahwa mereka telah mendapatkan setidaknya 850 juta euro dalam pembiayaan swasta, rekor upaya penggalangan dana untuk startup Prancis.

Hal ini merupakan tambahan dari subsidi pemerintah sebesar 650 juta euro dan pinjaman sebesar 600 juta euro dari Bank Investasi Eropa. Konstruksi di Dunkirk telah dimulai. 

Baca juga: Peretail Inggris Wilko Dijual kepada Saingannya The Range

Pabrik tersebut akan mulai berproduksi mulai pertengahan 2025, menghasilkan 16 gigawatt jam (GWh) per tahun, dan menciptakan 1.200 lapangan kerja langsung. "Penggalangan dana baru dan bersejarah untuk French Tech ini dengan dukungan sumber daya France 2030 merupakan tanda yang berani dari ambisi kami untuk melakukan reindustrialisasi," kata Presiden Emmanuel Macron seperti dikutip dalam siaran pers perusahaan.

Para pejabat terpilih dan pemimpin bisnis berharap dapat mengubah kawasan Hauts-de-France menjadi Lembah Baterai. Ini jawaban bagi industri mobil listrik terhadap Lembah Silikon. Eropa berlomba untuk meningkatkan produksi baterai dan kendaraan listrik karena Uni Eropa telah menetapkan batas waktu 2035 untuk menghentikan penjualan mobil berbahan bakar fosil secara bertahap. 

Baca juga: Inflasi Bulanan Argentina Cetak Rekor Tertinggi dalam Tiga Dekade

Pada Juni, Prancis meluncurkan pabrik baterai pertama untuk mobil listrik, fasilitas raksasa sepanjang enam lapangan sepak bola di Billy-Berclau yang dimiliki oleh Automotive Cells Company. Perusahaan ini merupakan patungan antara raksasa energi Perancis TotalEnergies, Mercedes-Benz Jerman, dan Stellantis yang memproduksi berbagai merek termasuk Jeep, Chrysler, Peugeot, dan Fiat.

Grup Tiongkok-Jepang AESC-Envision sedang membangun pabrik di dekat kota Douai yang akan memasok produsen mobil Prancis Renault mulai awal 2025. ProLogium Taiwan akan membangun fasilitas di Dunkirk, pabrik Eropa pertamanya, dan produksinya akan dimulai pada 2026.

Pemerintah Prancis telah menetapkan target produksi dua juta kendaraan listrik per tahun pada 2030. Investor utama dalam peningkatan modal Verkor ialah dana Australia Macquarie Asset Management dengan manajer aset Prancis Meridiam juga mengambil sahamnya. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat