visitaaponce.com

Empat Himbara dalam ATM Link, Erick Mudahkan Transaksi Nasabah

Empat Himbara dalam ATM Link, Erick: Mudahkan Transaksi Nasabah
ATM Link(Antara/Galih Pradipta)

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan dengan integrasi layanan baru anjungan tunai mandiri (ATM) Link dengan bank Himbara akan memudahkan nasabah mengakses layanan perbankan.

Hingga Juni 2024, sekitar 53 ribu unit ATM Link terintegrasi dengan empat bank Himbara. Bank tersebut ialah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN.

Baca juga : Nasabah Muamalat Kini Bisa Bertransaksi di ATM Jaringan Link 

"Integrasi ini mempermudah nasabah dalam bertransaksi. Dari total 90 ribu unit ATM di Indonesia, 53 ribu di antaranya itu ATM Link. Ini kan artinya jangkauannya luar biasa," kata Erick saat Soft Launching Integrasi & Wajah Baru ATM Link di Jakarta, Selasa (26/9).

Sejak 2015, ATM Himbara yang telah dikelola di bawah jaringan Link atau dikenal ATM Merah Putih baru sebanyak 40 ribu unit. 

Baca juga : Keputusan Pembatalan Tarif Saldo ATM Link Diapresiasi

Erick mengatakan secara bertahap Link berupaya mencapai target integrasi 53 ribu unit ATM Link dengan Himbara hingga tahun depan. Untuk mengejar itu, Erick mendorong pekerja migran untuk memanfaatkan layanan integrasi ATM Link guna memudahkan akses keuangan.

Seperti diketahui, BNI memberikan layanan keuangan bagi diaspora dan pekerja migran untuk bisa mengaktifkan BNI Mobile Banking untuk melakukan berbagai transaksi keuangan lintas negara.

"Selain kita promosikan ke daerah-daerah, kita juga mendorong pekerja migran bergabung dengan sistem layanan perbankan ini," ujar Menteri BUMN.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Direktur Utama BNI yang juga merupakan Ketua Tim Konsolidasi ATM Himbara, Adi Sulistyowati menjelaskan terdapat 335 fitur yang dapat diakses nasabah di ATM Link berkat integrasi dengan empat bank Himbara tersebut.

"Tidak hanya mengambil uang saja, tapi bisa setor tunai. Fitur-fitur ini bisa digunakan untuk membayar cicilan rumah, bayar listrik, dan lainnya. Fitur-fitur ini akan kita terus kembangkan," terangnya.

Ke depan, pihaknya bersama ATM Link akan menggandeng sejumlah financial technology atau disingkat fintech dan electronic commerce atau e-commerce untuk memperluas transaksi keuangan nasabah, khususnya dalam hal perdagangan barang ataupun jasa secara daring.

"Kami akan bekerja sama dengan fintech dan e-commerce untuk terlibat dalam ekosistem keuangan yang ada di BUMN," tutupnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat