visitaaponce.com

Harga Komoditas Pengaruhi Kinerja PNBP

Harga Komoditas Pengaruhi Kinerja PNBP
Aktivitas pengangkutan peti kemas(Antara)

FLUKTUASI harga komoditas di level internasional berpengaruh besar pada kinerja penerimaan negara bukan pajak (PNBP) Indonesia. Itu terefleksikan dari target penerimaan tahun depan yang lebih rendah dari proyeksi penerimaan tahun ini.

Hal itu diungkapkan Direktur PNBP Sumber Daya Alam dan Kekayaan Negara Dipisahkan (KND) Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari dalam taklimat media di Bogor, Jawa Barat, Selasa (26/9).

Dalam APBN 2024, target PNBP ditetapkan sebesar Rp492 triliun, turun 4,6% dari perkiraan PNBP 2023 yang mencapai Rp515,8 triliun. "Jadi pertumbuhan PNBP dipengaruhi sekali oleh harga komoditas minyak mentah, minerba, CPO, serta inovasi layanan," ujarnya.

Baca juga : Kenaikan Harga Beras Berdampak Signifikan pada Inflasi

Target PNBP yang dipatok untuk tahun depan itu berlandaskan asumsi harga minyak mentah Indonesia (ICP) US$82 per barel dan harga batu bara acuan (HBA) senilai US$133,5 per ton.

Baca juga : Model Hilirisasi Industri Kelapa Sawit Dorong Ekspor Produk Bernilai Tambah

Rahayu mengatakan, target PNBP 2024 itu terdiri dari PNBP SDA senilai Rp207,67 triliun, PNBP KND Rp85,84 triliun, PNBP lainnya Rp115,14 triliun, dan PNBP Badan Layanan Umum (BLU) Rp83,35 triliun.

Guna mencapai target-target tersebut, pemerintah bakal mengoptimalisasi pemanfaatan SDA melalui penyempurnaan kebijakan, perbaikan pengelolaan SDA, dan meningkatkan nilai tambah dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.

Kemudian mengoptimalisasi dividen BUMN dengan mempertimbangkan faktor profitabilitas, persepsi investor, regulasi yang disertai dengan perbaikan kinerja dan efisiensi BUMN.

Selanjutnya meningkatkan inovasi layanan dan kualitas layanan yang lebih luas. Itu dilakukan oleh satuan kerja BLU dan pemanfaatan aset barang milik negara (BMN) yang lebih optimal.

Selain itu, kata Puspa, pemerintah bakal memperkuat tata kelola dan peningkatan sinergi, termasuk perluasan pemanfaatan teknologi informasi yang diikuti dengan pengawasan serta kepatuhan yang lebih baik. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat