visitaaponce.com

Sri Mulyani Lelang Jadi Instrumen Penggerak Ekonomi Nasional

Sri Mulyani: Lelang Jadi Instrumen Penggerak Ekonomi Nasional
Menkeu Sri Mulyani(AFP)

MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, lelang merupakan salah satu instrumen yang mampu menjadi penggerak ekonomi nasional. Sebab dari aktivitas lelang yang dilakukan muncul pendapatan berupa Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Lelang adalah salah satu instrumen yang mampu menggerakkan ekonomi kita, mampu menggerakkan roda ekonomi dengan meningkatkan potensi nilai dari barang. Melalui lelang kita bisa tahu bid atau penawaran untuk bisa dapatkan nilai terbaik," ujarnya saat memberi sambutan dalam acara Anugerah Reksa Bandha, di kantornya, Jakarta, Rabu (22/11).

Kegiatan lelang yang dilakukan pemerintah, lanjut Sri Mulyani, juga berfungsi sebagai mekanisme pemulihan hak keuangan negara. Itu terutama dari pelelangan atas barang-barang yang berasal dari penegakan hukum, alias barang yang dirampas dan menjadi milik negara.

Baca juga : 2024, Menkeu Minta Bank Tidak Tahan Penyaluran Kredit

Selain itu, lelang juga memiliki peran untuk mengatasi kredit macet (non performing loan/NPL) yang dihadapi oleh perbankan. "Kita akan terus melakukan agar fungis intermediasi lelang, terutama di dalam menyelesaikan NPL bisa berjalan efisien dan efektif," kata Sri Mulyani.

Perempuan yang karib disapa Ani itu menambahkan, peranan dan pelibatan swasta dalam layanan lelang menjadi penting. Karena semestinya, kata dia, lelang tidak hanya didominasi oleh pemerintah.

Di kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Rionald Silaban mengungkapkan, capaian kinerja PNBP lelang nasional per Oktober 2023 telah mencapai Rp682 miliar. Sementara nilai pokok lelang hingga periode yang sama telah mencapai Rp33,1 triliun.

Baca juga : Jalan Keluar dalam Penyelesaian Kredit Macet terkait Pandemi

"Peningkatan kinerja ini tentu perlu diimbangi dengan perbaikan layanan. Untuk itu DJKN tengah melakukan reegineering portal lelang Indonesia, atau lelang.go.id. platform digital ini merupakan bagian transformasi digital untuk mewujudkan lelang yang mudah, objektif dan aman digunakan oleh semua kalangan masyarakat," kata dia.

Rionald menambahkan, peningkatan dan perbaikan layanan lelang merupakan buah dari kerja keras dan kolaborasi semua pihak, yaitu DJKN bersama semua stakeholder lelang seperti pemohon lelang, penyelenggara lelang, dan pejabat lelang kelas II.

"Kemenkeu selaku pengelola barang berkomitmen untuk terus bertransformasi menuju aset manajer yang paripurna, melayani dengan baik," pungkasnya. (Z-4)

Baca juga : Gaji ASN Naik di 2024, Pagu Anggaran Kemenkeu Naik Rp3,7 Triliun

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat