visitaaponce.com

Muhammadiyah Optimistis MES Bisa Bantu Tangani Persoalan UMKM

Muhammadiyah Optimistis MES Bisa Bantu Tangani Persoalan UMKM
Ilustrasi UMKM(Antara)

Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas optimistis Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) akan memberikan kontribusi semakin besar terhadap bangsa dan masyarakat. Optimisme itu ia sampaikan setelah Erick Thohir kembali terpilih sebagai Ketua Umum MES periode 2023-2028.

"Selamat untuk Pak Erick Thohir yang telah terpilih kembali untuk memimpin MES periode kedua. Ini suatu pertanda bahwa Pak Erick telah mendapat kepercayaan dari para peserta munas," ujar Anwar di Jakarta, Minggu (1/10).

Anwar berharap kinerja MES akan semakin meningkat di periode kedua kepemimpinan Erick.  MES, menurutnya, dapat menjadi solusi dari berbagai persoalan ekonomi yang tengah dihadapi bangsa. Salah satunya mengenai fenomena social commerce dan lesunya pusat perbelanjaan tradisional yang mengancam keberlangsungan para pelaku UMKM.

Baca juga: Ketum MES Arahkan Perekonomian Syariah Sebagai Produk Global

"Saat ini ekonomi kita sedang menghadapi masalah, terutama UMKM dan pasar-pasar kita yang dahulu sangat banyak dikunjungi oleh para pembeli, sekarang malah sepi pengunjung," ucap Wakil Ketua Umum MUI tersebut.

Anwar menilai transformasi dari belanja luring ke daring tidak akan menjadi masalah selama mengedepankan produk lokal. Persoalan UMKM, ucap Anwar, harus berhadapan dengan barang impor yang menawarkan harga yang jauh lebih murah. 

Baca juga: Erick Thohir Kembali Terpilih Sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah

"Oleh karena itu, kita mengharapkan agar MES ke depan bisa menumbuhkan sebuah semangat baru di kalangan umat dan warga agar lebih mencintai produk buatan anak bangsa sendiri," lanjut Anwar. 

Anwar menyampaikan ketidakadilan persaingan usaha dapat mengundang persoalan serius bagi tatanan kehidupan masyarakat Indonesia. Dampaknya bisa menyasar pada meningkatnya jumlah pengangguran, kemiskinan, hingga kriminalitas.

"Di sini lah kita lihat peran dari MES, bagaimana MES bisa mendorong bagi terciptanya kehidupan ekonomi yang lebih dinamis sehingga cita-cita kita bagi terwujudnya sebesar-besarnya kemakmuran rakyat dapat terwujud," tandasnya. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat