visitaaponce.com

Wapres Resmikan Kawasan Pangan Nusantara di Sulteng

Wapres Resmikan Kawasan Pangan Nusantara di Sulteng
Pekerja menggunakan dua alat berat untuk membuka lahan Kawasan Pangan Nusantara di Desa Talaga, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala.(MI/M Taufan SP Bustan.)

WAKIL Presiden KH Ma'ruf Amin meresmikan Kawasan Pangan Nusantara (KPN) di Sulawesi Tengah sebagai penyangga kebutuhan Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur. Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Talaga, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Rabu (4/10).

Menurut Wapres, KPN saat ini juga menjadi salah satu prioritas pemerintah demi menghindari krisis pangan seperti yang terjadi di dunia saat ini, sehingga negara kita tidak mengalami dampak yang sama. "Untuk itu kita ingin mengantisipasi kemungkinan itu dengan menyiapkan salah satunya kawasan pangan nasional yang ada di Sulawesi Tengah," kata Wapres dalam sambutannya.

Pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur memberi dampak positif terhadap wilayah berdekatan. Salah satunya ialah Provinsi Sulawesi Tengah disiapkan sebagai salah satu penopang kebutuhan pangan di ibu kota baru nanti.

Baca juga: SMF Terbitkan EBA Bernilai Rp600 Miliar

Dalam mewujudkan program peningkatan penyediaan pangan nasional, Wakil Presiden Republik Indonesia didampingi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, bersama rombongan lain mendatangi lokasi Kawasan Pangan Nusantara yang memiliki luas sebesar kurang lebih 124 hektare tersebut.

Ada pun total luas KPN yang akan dicapai di Sulawesi Tengah sebesar 15.000 hektare. Potensi tanaman pangan berupa jagung, kedelai, padi persawahan, dan tanaman holtikultura, serta penggemukan sapi.

Baca juga: Bulog Batasi Pembelian Beras hanya 10 Kg Antisipasi Dijual Kembali

Wakil Presiden tiba di lokasi KPN menggunakan helikopter Super Puma VVIP H-3204 didampingi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi serta Gubernur Sulawesi Tengah. Wapres juga menyerahkan 122 alat pertanian, 30 ton bibit jagung, dan pupuk organik secara simbolis kepada perwakilan petani dari lima kelompok tani.

Selain itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga menyerahkan 100 sertifikat tanah dari Badan Pertanahan Nasional secara simbolis kepada lima perwakilan masyarakat. Usai memberikan sambutan yang diikuti dengan Pernyataan Peresmian Kawasan Pangan Nusantara, Wakil Presiden melakukan penanaman pohon durian sebagai yang perdana di KPN Kabupaten Donggala. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat