visitaaponce.com

PLN Segera Mulai Verifikasi Data Penerima Rice Cooker

PLN Segera Mulai Verifikasi Data Penerima Rice Cooker
Pemerintah give away 500 ribu unit rice cooker secara gratis pada masyarakat(Ist)

PT PLN (Persero) menyatakan siap melakukan proses verifikasi data penerima program bantuan alat memasak berbasis listrik (AML) atau penanak nasi (rice cooker) di tahun ini. Sebanyak 500 ribu unit alat masak tersebut akan dibagikan secara cuma-cuma ke masyarakat.

Penerima merupakan pelanggan PLN atau PLN Batam berdaya 450 volt ampere (VA) sampai 1.300 VA yang berdomisili di daerah tersedia listrik 24 jam menyala dan tidak memiliki AML sebelumnya. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 11 tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik Bagi Rumah Tangga, yang diteken Menteri ESDM Arifin Tasrif pada Selasa (26/9).

"Untuk program AML, PLN siap bekerja sama dalam proses verifikasi dan validasi data penerima," kata Executive Vice President Komunikasi Korporat & Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Gregorius Adi Trianto saat dikonfirmasi Media Indonesia.

Baca juga : Pemberian Rice Cooker Tak Selesaikan Oversupply Listrik PLN

Dalam beleid itu disebutkan menteri ESDM melalui direktur jenderal terkait melibatkan PT PLN (Persero), PT PLN Batam, dan/atau pihak lain terkait untuk melakukan verifikasi calon penerima AML. PLN diminta menyampaikan data calon penerima rice cooker yang memenuhi kriteria kepada Kementerian ESDM paling lambat pada Selasa, 31 Oktober 2023.

Baca juga : Pembagian Penanak Nasi Dinilai Tidak Tepat

Adapun data calon penerima AML yang dihimpun PLN ialah nama calon penerima, nomor induk kependudukan (NIK), nomor identitas pelanggan PT PLN (Persero) atau PT PLN Batam dan alamat calon penerima AML yang mencantumkan nama desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi.

Gregorius menjelaskan proses verifikasi dan validasi yang akan dilakukan PLN berdasarkan kesesuaian daftar usulan calon penerima AML yang ada di Kementerian ESDM dengan data pelanggan di PLN. Calon penerima sebagaimana dimaksud diusulkan berdasarkan validasi kepala desa/lurah setempat atau pejabat setingkat yang akan didata oleh perusahaan setrum negara itu.

Ia pun menegaskan PLN mendukung penuh program bantuan AML untuk peningkatan produktivitas masyarakat.

"Khususnya untuk pemulihan berbagai kegiatan masyarakat pasca pandemi covid-19 dengan menyediakan listrik yang andal dan mencukupi," pungkasnya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat