visitaaponce.com

Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Tumbuh di Atas Konsensus

Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Tumbuh di Atas Konsensus
Gedung-gedung pencakar langit di Beijing, Tiongkok, Senin (17/7).(AFP/JADE GAO)

TIONGKOK akhirnya merilis data yang memberikan harapan. Pertumbuhan ekonomi Tiongkok kini tercatat berada di atas ekspektasi konsensus yang ada di pasar.

"Hal ini membuktikan perekonomian Tiongkok, bertahap mulai pulih. Pertumbuhan ekonomi Tiongkok memang turun, tapi tidak seburuk yang dibayangkan," kata Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus, Kamis (19/10).

Pertumbuhan ekonomi Tiongkok secara tahunan turun dari 6,3% menjadi 4,9% (yoy) dan secara kuartalan (qtq) naik dari 0,5% menjadi 1,3%.

Sedangkan pertumbuhan sepanjang tahun (ytd) turun dari 5,5% (yoy) menjadi 5,2% (yoy). Industrial production masih tumbuh 4,5% (yoy), begitupun dengan retail sales yang naik dari 4,6% (yoy) menjadi 5,5% (yoy).

Baca juga: IHSG Berpotensi Variatif Seiring Prediksi BI akan Tahan Suku Bunga

Data saat ini menunjukkan ada peningkatan belanja konsumsi yang kuat di Tiongkok, karena penjualan ritel meningkat. Hal ini menjadi gambaran, bahwa kepercayaan konsumen kembali tumbuh, dan menjadi salah satu dasar untuk membangun kembali konsumsi dan daya beli dalam negeri.

"Meski harus diakui bahwa pemerintah Tiongkok terus bahu membahu untuk memperbaiki sektor properti yang masih terpuruk, ditambah lagi tekanan datang dari AS yang memperketat pembatasan pengiriman teknologi maju membuat pemulihan akan berjalan lambat," kata Nico.

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Melambat tapi Lampaui Perkiraan

Tentu dibutuhkan dukungan dari sebuah kebijakan agar pertumbuhan tetap dapat tercapai, serta konsumsi dan daya beli terjaga.

Sejauh ini tingkat pengganguran juga turun menjadi 5%, dan tingkat tabungan mengalami penurunan yang membuat masyarakat lebih percaya diri untuk melakukan konsumsi.

Dengan data ekonomi yang mulai tumbuh, Citigroup Inc hingga Nomura Holding Inc langsung menaikkan proyeksi ekonomi Tiongkok untuk tahun 2023 ini.

Citigroup mengatakan pertumbuhan ekonomi Tiongkok sangat baik, dan langsung mengubah proyeksinya dari 5% menjadi 5,3%. "Namun kami melihatnya agar tidak terlena dengan data ini, karena situasi dan kondisi cepat berubah," kata Nico. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat