visitaaponce.com

BI Rate Naik 25 Bps untuk Stabilkan Rupiah

BI Rate Naik 25 Bps untuk Stabilkan Rupiah
Gedung Bank Indonesia.(MI/Rommy Pujianto)

RAPAT Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 18-19 Oktober 2023 memutuskan untuk menaikkan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 basis poin menjadi 6,00%, suku bunga Deposit Facility menjadi sebesar 5,25%, dan suku bunga Lending Facility menjadi sebesar 6,75%.

“Kenaikan ini untuk memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar Rupiah dari dampak meningkat tingginya ketidakpastian global, serta sebagai langkah preemtif dan forward looking untuk memitigasi dampaknya terhadap inflasi barang impor atau imported inflation,” kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, pada Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur Bulanan Bulan Oktober 2023.

Sehingga inflasi tetap terkendali dalam sasaran 2% s.d 4$ pada tahun 2023 dan 1,5% s.d. 3,5% pada 2024.

Baca juga : BI Diperkirakan Masih Pertahankan Tingkat Suku Bunga Acuan di Level 6,00%

Sementara itu kebijakan makroprudensial longgar, diperkuat dengan efektivitas implementasi kebijakan insentif likuiditas makroprudensial (KLM) dan menurunkan rasio penyangga likuiditas makroprudensial (PLM) untuk mendorong kredit pembiayaan lebih lanjut bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

“Akselerasi digitalisasi sistem pembayaran juga terus ditingkatkan untuk memperluas inklusi ekonomi dan keuangan digital, termasuk digitalisasi transaksi keuangan pemerintah pusat dan daerah,” kata Perry. (Z-4)
 

Baca juga : Kebijakan Global Masih Ketat di 2024, Sektor Riil Diharapkan Bisa Gerakan Ekonomi Domestik

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat