visitaaponce.com

TotalEnergies Naikkan Keuntungan meskipun Harga Energi Turun Tahun Lalu

TotalEnergies Naikkan Keuntungan meskipun Harga Energi Turun Tahun Lalu
Logo TotalEnergies.(AFP/Lou Benoist. )

TOTALENERGIES mengatakan pada Kamis (26/10) bahwa pihaknya berhasil meningkatkan laba bersih pada kuartal terakhir. Padahal, harga energi turun dari puncaknya tahun lalu.

Perusahaan Prancis tersebut memperoleh laba bersih sebesar US$6,7 miliar pada kuartal ketiga. Jumlahnya meningkat 1,5% dari periode Juli hingga September tahun lalu.

Harga minyak dan gas melonjak tahun lalu setelah invasi Rusia ke Ukraina. Akibatnya, ini menghasilkan keuntungan besar bagi perusahaan-perusahaan energi.

Baca juga: Bank Sentral Kanada Pertahankan Suku Bunga Utama 5%

Meskipun harga minyak masih tinggi secara historis, kontrak minyak mentah utama TotalEnergies turun 14% pada kuartal terakhir dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Harga rata-rata gas alam cair (LNG) turun lebih dari setengahnya dan beberapa kontrak gas pipa terkemuka turun lebih dari dua pertiganya. "Kuartal ini kembali menunjukkan relevansi strategi transisi TotalEnergies yang menguntungkan," kata CEO Patrick Pouyanne.

Baca juga: Thales dari Prancis Raih Proyek Kota Kuno Saudi untuk Pariwisata

Perusahaan mengumumkan pembayaran dividen interim ketiga bagi pemegang saham sebesar 0,74 euro per saham. Ini naik lebih dari tujuh persen dibandingkan tahun lalu.

Harga saham TotalEnergies hampir datar pada perdagangan pagi hari. Indeks blue-chip CAC 40 di bursa saham Paris turun 0,8%. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat