visitaaponce.com

Modalku Raih Pendanaan US7,5 Juta untuk Inklusi Keuangan UMKM di Asia Tenggara

Modalku Raih Pendanaan US$7,5 Juta untuk Inklusi Keuangan UMKM di Asia Tenggara
FUNDING Society Modalku.(MI)

FUNDING Society Modalku sebagai platform pendanaan digital Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Asia Tenggara resmi mengumumkan telah memperoleh fasilitas pendanaan (debt fund) sebesar USD7,5 Juta (sekitar Rp117 miliar) dari Norfund, sebuah Development Financial Institution (DFI), yang mengoperasikan dana investasi milik pemerintah Norwegia untuk negara-negara berkembang.

Ini merupakan transaksi pendanaan pertama yang dilakukan Norfund dengan platform pendanaan UMKM di Asia Tenggara. Investasi berdampak (impact investment) yang dilakukan oleh sejumlah DFI di Asia Tenggara telah mencapai USD 2 miliar (sekitar Rp 31 triliun) per tahun antara tahun 2017 dan 2022 (dengan akumulasi lebih dari USD 12 miliar atau sekitar Rp187 triliun).

Lebih dari setengah portofolio investasi tersebut disalurkan ke sektor jasa keuangan. DFI memiliki kemampuan dan kapasitas untuk mendukung UMKM yang tidak dapat didukung oleh pemberi dana komersial dan pemerintah, hal ini karena posisi keuangan mereka yang kuat.

Baca juga: SiCepat Ekspres Stimulasi Kreativitas UMKM Lewat Kompetisi

Norfund hadir dengan fokus utama mereka dalam berinvestasi yaitu untuk meningkatkan inklusi keuangan. Hingga saat ini, Norfund telah menyalurkan pendanaan sekitar US$4,54 miliar (sekitar Rp70 triliun) kepada 7,5 juta klien.

Funding Societies Modalku, melalui misinya untuk memberdayakan UMKM dan menghadirkan akses kredit yang lebih besar, telah menyalurkan pendanaan lebih dari Rp53 triliun kepada lebih dari 100.000 UMKM di Singapura, Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Baca juga: Klinik Pena Berhasil Perkuat Bisnis Masyarakat Penerima Bansos

Melalui pendanaan ini, pemberi dana dapat menyalurkan dananya melalui beragam solusi pembiayaan yang disesuaikan dengan segmen UMKM di lima area operasional tersebut.

Co-founder & Group CEO Funding Societies Modalku, Kelvin Teo, mengatakan, suatu kehormatan bagi grup kami dapat bekerja sama dengan Norfund, yang didukung oleh pemerintah Norwegia.

Pencapaian ini tidak hanya menjadi bukti terhadap kelayakan kredit kami dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan ketidakpastian makroekonomi, namun juga peluang untuk memenuhi kebutuhan akses pendanaan bagi UMKM yang masih underserved di Asia Tenggara.

"Kami mengapresiasi dukungan Norfund dalam misi dan komitmen kami untuk memberikan kesempatan yang merata bagi UMKM," kata Kelvin, Kamis (2/11).

Bisnis yang dikategorikan sebagai usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mencakup 99,9% dari total usaha di kawasan ASEAN dan berkontribusi terhadap 44,8% PDB (produk domestik bruto) kawasan tersebut berdasarkan data yang kami peroleh dari ASEAN.


(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat