visitaaponce.com

Sahabat UMKM Bakal Promosikan Produk Indonesia di Nagoya lewat EKSPLORASI

Sahabat UMKM Bakal Promosikan Produk Indonesia di Nagoya lewat EKSPLORASI
Sosialisasi program EKSPLORASI Sahabat UMKM(Dok. Sahabat UMKM)

SAHABAT UMKM, komunitas yang menjadi wadah berkumpulnya para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah; mempunyai mimpi akan tampilnya produk UMKM Indonesia di pasar luar negeri.

Dengan mendorong pelaku usaha lokal untuk berani menjajal peluang di pasar yang lebih luas juga akan memicu kemampuan para pelaku UMKM untuk meningkatkan keterampilan serta inovasi produk agar mampu bersaing di pasar global.

Mewujudkan mimpi serta harapan tersebut, Sahabat UMKM akan mengadakan program ‘EKSPLORASI’ Promosi & Business Matching Produk UMKM ke Pasar Global yang akan berlangsung di Nagoya, Jepang pada 26 November mendatang.

Program EKSPLORASI memiliki misi untuk mengangkat dan mempromosikan produk
UMKM ke pasar global. Program itu diharapkan dapat membangkitkan semangat dan daya saing UMKM Indonesia untuk berani ekspor ke pasar internasional, khususnya Jepang.

Baca juga : Adhya Group akan Buka 50 Gerai Rojo Sambel si Aa

Ketua Umum Sahabat UMKM Joanina R N mengatakan, program EKSPLORASI
merupakan komitmen penuh dari pihaknya untuk membantu pelaku UMKM agar mampu bersaing di pasar global.

"Program EKSPLORASI diharapkan dapat menjadi batu loncatan tidak hanya bagi kami selaku komunitas yang menaungi pelaku UMKM agar terus dapat memberikan kontribusi nyata dan dampak positif pada perekonomian Indonesia, tapi juga untuk para pelaku UMKM agar ke depannya lebih banyak lagi yang mendapatkan kesempatan besar seperti ini untuk memperluas akses pasar mereka ke negara-negara lainnya,” ujar Joanina.

Baca juga : 70 UMKM Jakarta Ikuti Acara Puncak Gerakan Bangga Buatan Indonesia

EKSPLORASI juga merupakan tindah lanjut penandatanganan MoU Sahabat UMKM dengan ANC Japan pada 2022 yang bertujuan agar produk pelaku UMKM Indonesia dapat mendapatkan peluang untuk masuk ke pasar Jepang.

Melalui proses sosialisasi yang dilakukan sejak penandatanganan MOU bersama ANC Japan, sebanyak hampir 800 produk milik pelaku UMKM dari seluruh Indonesia masuk dalam program ini.

Dari proses kurasi, terpilihlah 208 produk karya 39 pelaku UMKM kriya dari seluruh Indonesia yang akan diikutsertakan dalam kegiatan EKPLORASI dan berkesempatan untuk mendapatkan fasilitasi promosi dan business matching di Nagoya.

Varian karya kerajinan tangan yang lolos kurasi didominasi oleh produk dari kategori fesyen seperti tas serta sepatu, aksesori, dan produk dekorasi rumah (pajangan, keranjang, peralatan/wadah makanan dari kayu).

Produk-produk tersebut merupakan hasil karya para pelaku UMKM yang berasal dari 15 daerah di Indonesia, antara lain Aceh, Palembang, Jambi, Belitung, Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, Yogyakarta, Surakarta, Klaten, Tulungagung, Situbondo, Bali, Lombok, dan Palangkaraya.

Dari 208 produk yang sudah terkurasi tersebut, kurang lebih sekitar 40% nya telah terjual dan tinggal menunggu kondisi langsung barang yang akan diperlihatkan pada kegiatan di tanggal 26 November 2023 mendatang.

Selain pihak ANC Japan, kegiatan EKSPLORASI Sahabat UMKM juga mendapatkan dukungan dari beberapa pihak, antara lain PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pertamina (Persero), dan PT Pos Indonesia (Persero).

Joanina mengapresiasi berbagai pihak yang telah mendukung terealisasinya program EKSPLORASI Sahabat UMKM.

“Dengan dukungan dari seluruh pihak yang telah mendukung program EKSPORASI, akhirnya produk pelaku UMKM dapat memiliki kesempatan untuk masuk ke pasar Jepang,” lanjutnya.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Sahabat UMKM. Ia menegaskan, Pemerintah sangat menaruh perhatian dengan UMKM karena di Indonesia menunjukkan kenaikan signifikan yaitu 59 juta pada 2015, saat ini mrnjadi 65 juta serta menyerap tenaga kerja hingga 97 persen.

"Senang mendengar kegiatan sahabat umkm. Menjadi mitra strategis pemerintah. Pemerintah konsern dengan UMKM karena di Indonesia  menunjukkan kenaikan signifikan," tegasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat