visitaaponce.com

BRI Proyeksikan Bagi Dividen Minimal 70 dari Laba

BRI Proyeksikan Bagi Dividen Minimal 70% dari Laba
Petugas Keamanan Bank Rakyat Indonesia menyambut nasabah yang akan mengunakan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di Galeri ATM Kantor Pusat.(MI/Mohamad Irfan.)

PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk (IDX: BBRI) memproyeksikan pembagian dividen pada 2023 dan 2024. Perusahaan akan berusaha berapa pun laba BRI, minimal akan membagi dividen sebesar 70% dari laba di tahun tersebut.

"Mudah-mudahan ini mendapat persetujuan dari semua pihak yang punya kewenangan menetapkan ini," kata Direktur Utama BRI Sunarso, pada Public Expose Live 2023, Kamis (30/11). Bila deviden yang dibagikan BBRI hanya 50% dari laba, modal bank akan semakin besar sehingga kemungkinan bank harus melakukan pertumbuhan anorganik.

"Jadi proyeksi dividen tahun 2023 dan 2024, saya berusaha untuk minimal memberikan 70% dari laba. Proyeksi laba BRI di 2023 minimal Rp55 triliun. Sebab hingga 9 bulan, kami sudah menghimpun laba Rp44 triliun," ujarnya. 

Baca juga: Investasi Naik, Ekonomi Amerika Serikat Kuartal III Tumbuh 5,2%

Sepanjang Oktober, November, dan Desember, BRI akan menggenjot laba minimal Rp55 triliun tercapai dan 70% dari laba bisa dibagikan dalam bentuk deviden. "Proyeksi laba tahun 2024 misalnya sebesar Rp60 triliun atau berapapun, kalau bisa juga 70% dari itu dibagikan menjadi deviden," kata Sunarso.

Pada 2022, dengan laba BRI Rp51,4 triliun, perusahaan membagikan dividen sebesar 85% atau Rp43 triliun. "Pemegang saham mayoritas masih negara. Maka dari Rp43 triliun dividen 2022, kami bayar ke negara Rp23 triliun dan masuk penerimaan APBN ditambah pajak Rp12 triliun. Jadi total BBRI setor ke negara Rp35 triliun," kata Sunarso. Sisanya sebesar Rp20 triliun dividen dibagikan kepada pemegang saham publik.

Baca juga: OECD Pangkas Perkiraan Pertumbuhan Global dan Risiko Perang Gaza

Saat ini rasio kecukupan modal (CAR) BRI sebesar 27,47% termasuk level permodalan yang tebal bagi bank. Apabila dalam setahun untuk mengejar pertumbuhan kinerja bank BRI hanya butuh 2% mengonsumsi modal, Sunarso yakin hingga lima tahun ke depan, berapapun laba BRI harus dibagi dalam bentuk dividen. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat