visitaaponce.com

Strategi Penjualan Ayu Gold agar Terpilih di Ranah Digital

Strategi Penjualan Ayu Gold agar Terpilih di Ranah Digital
Caroline Yulianto.(Dokpri.)

PERHIASAN emas menjadi salah satu produk paling digemari. Selain dapat digunakan untuk merias atau mempercantik diri, emas juga menjadi sarana investasi. Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut, membeli perhiasan emas dengan merek ternama dan terpercaya perlu diperhatikan. Terlebih lagi saat membeli secara online, merek yang dapat dipercaya memberikan jaminan kualitas dan buy back. 

Di marketplace, Ayu Gold menjadi salah satu merek terpercaya karena menjadi pilihan masyarakat. Creative Director Ayu Gold Caroline Yulianto mengatakan Ayu Gold merupakan merek di bawah PT Ayu Sejati yang hadir sejak 1982 di Surabaya, Jawa Timur. Perusahaan ini bergerak di bidang manufaktur. Produknya dijual di toko emas ternama Indonesia dan secara online dalam sejumlah marketplace.

Keterpilihan Ayu Gold di ranah digital, terutama marketplace, tidak lepas dari strategi marketing yang dijalankan. Pihaknya selalu mencoba menyuguhkan produk-produk yang bukan saja on trend pada waktu tertentu, tetapi juga desain produk yang everlasting dan bisa memberikan tambahan pada koleksi perhiasan konsumen. "Penting bagi kita untuk memberikan audiens inspirasi cara pakai/look book yang bisa memberikan konteks untuk perhiasan yang sedang kita jual atau promosikan, baik di media sosial atau marketplace," jelas Caroline dalam keterangan tertulis, Selasa (5/12). 

Baca juga: Harga Emas Turun Setelah Sentuh Level Tertinggi

Kehadirannya di marketplace sendiri, baru dilakukan pada tahun, didorong pada kondisi pandemi covid-19. Hadirnya di ranah digital dimulai dengan mengembangkan official website kemudian hadir di sejumlah marketplace. Tujuannya, pelanggan bisa lebih mudah mengakses Ayu Gold secara lengkap dari sisi model dan ukuran yang bervariatif.  

"Perkembangan penjualan online di berbagai marketplace sangat baik. Online marketpace membolehkan kita menembus pangsa pasar yang mungkin belum terjaring memalui kanal-kanal penjualan lain termasuk toko emas partner," ujar Caroline. 

Baca juga: Selasa Pagi, Harga Emas Antam Turun Rp23.000

Penjualan perhiasan emas secara online ada sejumlah tantangan. Pertama, untuk perhiasan emas yang diutamakan ialah kepercayaan antara konsumen dan brand (merek). Kedua, memberikan kepastian buyback policy yang nyaman dan aman sebagai daya tarik tersendiri. Selain marketplace, pihaknya memanfaatkan media sosial. Ayu Gold hadir di Instagram dan Tik Tok dengan mengusung nama ayugold_indonesia.

"Kami juga akan selalu hadir di event-event internasional seperti Surabaya International Jewelry Fair dan Jakarta Internation Jewelry Fair. Selain itu kami terus bekerja sama dengan toko-toko emas partner kita untuk melakukan road show, membawa koleksi perhiasan kita ke seluruh penjuru Indonesia," tutup Caroline. Karena itu, dari hasil riset Brand Choice Award 2023 oleh Tras N Co Indonesia, Ayu Gold menjadi pemenang Brand Choice Award 2023 untuk kategori Cincin Emas. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat