visitaaponce.com

Modal Rakyat Jalin Kemitraan dengan Pelaku Industri Bantu Pengembangan UMKM

Modal Rakyat Jalin Kemitraan dengan Pelaku Industri Bantu Pengembangan UMKM
Ilustrasi pembiayaan(Freepik.com)

USAHA Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu pilar penting dalam perekonomian Indonesia. Namun salah satu kendala yang sering dialami UMKM untuk berkembang adalah terbatasnya akses terhadap pembiayaan.

Melihat permasalahan itu, Modal Rakyat berkomitmen meningkatkan inklusi keuangan untuk memberdayakan UMKM lewat akses pembiayaan kepada UMKM di berbagai sektor, salah satunya di industri makanan dan minuman.

Modal Rakyat menjalin kerja sama dengan beberapa pemimpin pasar di industri tersebut, diantaranya PT Sari Kreasi Boga yang dikenal dengan produk Kebab Turki Baba Rafi, PT Sudi Jaya Globalindo yang mensuplai mesin kopoi, dan PT Sukses International Anugerah Pratama yang merupakan distributor daging dan ikan.

Baca juga : Inovasi Pendanaan Bisnis, Maucash Gebrak Ajang Markplus Conference 2024

Kerja sama itu berbentuk pembiayaan rantai pasok atau supply chain financing bagi UMKM di sektor makanan dan minuman.

Modal Rakyat menargetkan dapat menyalurkan pendanaan sampai dengan Rp50 miliar kepada lebih dari 500 UMKM dalam bentuk skema modal kerja dan cicilan dengan tenor pinjaman hingga 12 bulan.

“Kami melihat akses pembiayaan permodalan masih menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi para pelaku usaha di Indonesia. Dengan adanya perluasan strategi pembiayaan di berbagai sektor industri, kami berharap para UMKM berhasil mengembangkan usahanya. Serta, semakin banyak UMKM yang terdorong untuk mengambil langkah dalam mencapai potensi terbaik mereka, lewat Modal Rakyat sebagai financial partner,” ungkap Marcel Limbong, Direktur Modal Rakyat.

Baca juga : Danamas dan Asparindo Kolaborasi Bantu UMKM dan Pasar di Indonesia

Marcel menambahkan, industri makanan dan minuman  adalah salah satu industri yang dapat memajukan perekonomian di Indonesia. Karena itu, kerja sama dengan berbagai pimpinan industri d dilakukan demi mendukung dan menjadi solusi bagi UMKM untuk mengembangkan usahanya.

Hingga kini, sudah lebih dari Rp11 triliun total pembiayaan yang telah didistribusikan oleh Modal Rakyat kepada UMKM di seluruh Indonesia. 

Hal itu dibuktikan dengan kerja sama strategis Modal Rakyat dengan beberapa industri di segala bidang,

Baca juga : Dua Fintech Berkolaborasi Salurkan Rp100 Miliar Dana UMKM

Modal Rakyat juga sudah siap untuk melakukan koneksi API lewat embedded finance dengan beberapa mitra sehingga proses pengajuan pinjaman lebih mulus (seamless). 

“Modal Rakyat akan terus memperluas jangkauan kemitraan strategis dari berbagai industri untuk membantu mengembangkan perekonomian di Indonesia,” pungkas Marcel.

Baca juga : Kementerian Koperasi dan UKM Siap Berikan Pendanaan Syariah ke UMKM Hingga Rp10 M

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat