visitaaponce.com

Bunga KUR Mikro Berjenjang Hambat Penyaluran KUR, Kemenkop UKM Nanti Kita Evaluasi

Bunga KUR Mikro Berjenjang Hambat Penyaluran KUR, Kemenkop UKM: Nanti Kita Evaluasi
Ilustrasi: penerima kredit usaha rakyat (KUR)(Antara )

SUKU bunga atau margin Kredit Usaha Rakyat (KUR) khususnya KUR Mikro mulai tahun ini dibuat berjenjang. Bunga 6% untuk yang pertama kali mengajukan, 7% kedua kali, 8% ketiga kali, dan 9% keempat kali dan seterusnya. Akan tetapi, hal tersebut memberikan dampak yakni pelambatan penyaluran KUR.

Menanggapi hal tersebut, Deputi Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), Yulius mengatakan bahwa nantinya hal tersebut akan dievaluasi bersama dengan Komite Kebijakan (Komjak)

"Nanti kita evaluasi dalam Komjak, saya tidak bisa jawab akan dikembalikan ke semula atau tidak, belum ada keputusannya soalnya," katanya di Jakarta pada Kamis (7/12).

Baca juga: Presiden: Kredit untuk UMKM Mestinya tidak Perlu Agunan

Untuk skema tahun depan, Yulius sendiri belum mengetahui apakah bunga untuk KUR Mikro kembali efektif 6% per tahun atau tetap berjenjang seperti tahun ini

"Kita harus melihat dulu dampaknya bagaimana tapi kecenderungannya harusnya dalam rangka UMKM itu naik kelas, harusnya berjenjang. Kan alasan dinaikin itu supaya dia (UMKM) naik kelas, jangan 6% terus dulu alasannya seperti itu. Tapi kalau lihat kondisi di lapangan membuat mereka benar-benar enggan, nanti kita akan lihat lagi," tandasnya. (Fal/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat