visitaaponce.com

Hari Kedua, Halal Fair-HIITS Dibanjiri 20 Ribu Pengunjung

Hari Kedua, Halal Fair-HIITS Dibanjiri 20 Ribu Pengunjung
Memasuki hari kedua, Halal Fair Series berkonjungsi dengan Halal Indonesia International Trade Show dibanjiri lebih dari 20 ribu pengunjung.(Dokpri.)

MEMASUKI hari kedua, Halal Fair Series berkonjungsi dengan Halal Indonesia International Trade Show (HIITS) dibanjiri lebih dari 20 ribu pengunjung. Mereka antusias memburu produk muslim berkualitas serta mengikuti rangkaian workshop dan seminar bisnis. Halal Fair-HIITS 2023 yang diselenggarakan Wahyu Promo Citra selama tiga hari hingga Minggu 10 Desember 2023 di Hall 3-3A, ICE BSD, Tangerang, Banten, ini diikuti oleh 250 exhibitor dari dalam dan luar negeri, antara lain Malaysia, Palestina, Tunisia, Jepang, Arab Saudi, Mali, dan Sudan. 

Halal Fair-HIITS 2023 juga mendukung upaya Indonesia menjadi global hub untuk pasar, industri, dan ekosistem halal yang dicanangkan pada 2024 oleh pemerintah melalui sejumlah stakeholders dalam pengembangan industri halal dan pemberdayaan UMKM. Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta Tito Maulana pembuka mangatakan, Halal Fair-HIITS menjadi ajang kerja sama perdagangan antarnegara Muslim, khususnya dalam pengembangan UMKM halal unggulan. 

Sejumlah exhibitor dari luar negeri antusias menyaksikan gairah belanja produk halal di Indonesia sangat besar selama event berlangsung. "Antusiasme kami sangat tinggi pada pameran ini. Kami optimistis melalui pameran ini, dapat meraih peningkatan volume penandatanganan kontrak dan transaksi dagang yang signifikan antara eksportir kami dengan para buyer Indonesia. Kami menghadirkan produk-produk unggulan halal Malaysia," kata Dr. Zuraini Hasanuddin selaku CEO, GEO Artha International (M) Sdn. Bhd., selaku pemimpin delegasi Malaysia untuk Halal Fair-HIITS 2023. 

Baca juga: Astra Land Gandeng BSDE Bangun Kota Mandiri Baru

Malaysia menjadi peserta pameran terbanyak dari luar negeri yang menghadirkan 48 delegasi pelaku usaha UMKM Malaysia melalui Paviliun Produk UMKM Halal Malaysia. Sekitar 80 produk unggulan Malaysia hadir dalam paviliun pameran Malaysia yang didukung pemerintah Kerajaan Selangor. Para peserta pameran dari Malaysia tengah mencari potential buyers dan importir untuk dapat memasarkan produk-produk UMKM halal unggulannya ke Indonesia. "Kami betul-betul bekerja keras dan mengharapkan agar produk kami menembus pasaran Indonesia. Karena produk kami 100% diproduksi oleh Muslim. Target kami transaksi dagang hingga lebih dari R 5 juta (sekitar Rp16,7 miliar)," katanya.

Presiden badan promosi produk halal dunia, Dewan Pemasaran dan Perdagangan Islam Antarbangsa (World Islamic Marketing & Trade Chamber/WIMTC) Zuber bin HJ. Bakri yang juga berpartisipasi dalam pameran tersebut menyoroti pentingnya UMKM memiliki konektivitas antarnegara untuk memasarkan produk-produk halal unggulan. "Kami melihat peluang pasar global guna membangkitkan UMKM menjadi naik kelas, dengan mempertemukan mitra UMKM Malaysia dengan Indonesia. Untuk itu, business matching hingga pameran seperti ini sangat penting," ujarnya.

Baca juga: Harbolnas 2023 Digelar Tiga Hari, Target Transaksi Rp25 Triliun

Melalui organisasinya, Zuber berupaya meningkatkan kekuatan ekonomi dengan mempromosikan produk halal unggulan semata-mata dari perusahaan milik pengusaha muslim. Ragam produk dari pelaku usaha UMKM Indonesia, mulai dari consumer goods, produk hortikultura, dan perkebunan seperti sayur, buah, kopi dan teh, furnitur, hingga kosmetik halal berbahan dasar kayu gaharu juga menarik perhatian para importir Malaysia.

Pameran Palestina 

Stan pameran komunitas Palestina, bekerja sama dengan Kedutaan Besar Palestina di Jakarta, turut memeriahkan pameran Halal Fair-HIITS, yang memperkenalkan sejarah, budaya, serta berbagai produk asli. "Kami menampilkan sejumlah foto bersejarah berbagai kota di Palestina dan mata uang Palestina keluaran 1927-1942," kata Raed Mohammed Hassan Arada, mahasiswa asing asal Gaza Palestina dan kuliah di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Lampung yang memiliki hobi mengoleksi koin kuno ini.

Stan Komunitas Palestina juga menjual berbagai produk makanan, kurma, dan minyak zaitun asal Palestina, gantungan kunci, pin, kaos, maupun suvenir khas lain yang didatangkan langsung dari negeri para nabi itu. Harganya pun sangat terjangkau, seperti gantungan kunci dijual seharga Rp50 ribu dapat 10 unit, bendera Rp20 ribu, dan topi Rp75 ribu. Samer, warga asal Tepi Barat yang juga berpartisipasi dalam pameran, mengungkapkan, sebagian besar hasil penjualan akan disumbangkan kepada rakyat Palestina. "Keuntungan dari penjualan ini akan diberikan untuk Palestina, hampir atau mungkin 100%," ujar pria yang telah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada 2022 ini. 

Stan Tunisia dan Arab Saudi menghadirkan berbagai produk kurma, kismis, dan kacang Arab unggulannya. Pada stan Tunisia menyuguhkan promo Rp100 ribu dapat 3 pak kurma tangkai 500 gram. Stan Sudan dan Mali juga menampilkan produk-produk unggulan seperti kacang-kacangan dan gom atau getah Arab. Stan Ath-Thoifah sebagai produsen madu dan herbal hadir membuka peluang bisnis herbal join keagenan dan reseller produk herbal berlegalitas dan berkualitas. 

Kehadiran stan kuliner Ajwad Resto dan Abu Taqo Kebuli dengan sajian makanan khas Arab dengan rasa lokal menjadi favorit para pembeli yang terlihat mengular sejak pameran dibuka. UMI Tour & Travel memberikan promo spesial pameran dengan voucher diskon umrah hingga Rp2,5 juta/pax dan DP umrah hanya Rp1 juta/pax, khusus pendaftaran di stannya. Pengunjung juga berkesempatan mengikuti undian Umrah Gratis Bintang Lima. 

Produk fashion seperti Khadijah Indonesia, Nacita, Alfi Huraiyah, Taqeeya, Makhtab, Al-Wafa, dan brand-brand lain memberikan voucer khusus berhadiah dan diskon hingga 50%. Bagi pengunjung yang datang ke stan Hedtutu Skin Solution di Halal Fair bisa klaim gratis Brightening Skin Treatment/Intensive Acne Cream senilai Rp120.000-Rp125.000. 

Direktur Operasional Hanania Group Tour Travel Naufal Ashim, mengatakan kehadiran travel umrah milenial di Halal Fair untuk kali ketiga ini menjadi magnet bagi pengunjung yang hadir di booth-nya. Bagi pengunjung yang hadir ke booth berkesempatan memperoleh apresiasi umrah gratis tanpa dipungut biaya apapun. "Di pameran ini, kami lebih memberikan edukasi travel umrah dengan konsep milenial pertama. Semoga Allah tetap menjadikan Halal Fair konsisten dan eksis setiap tahun," ujarnya. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat