visitaaponce.com

BUMI Raih Pendapatan US4,8 Miliar Hingga September 2023

BUMI Raih Pendapatan US$4,8 Miliar Hingga September 2023
Corporate Secretary Bumi Resources Dileep Srivastava(Dok. BUMI)

PT Bumi Resources (BUMI) mencatatkan pendapatan secara konsolidasi sejumlah US$4,8 miliar sampai September 2023. Pendapatan itu turun 24% secara year-on-year (yoy) dari sebelumnya US$6,3 miliar per September 2022. 

Situasi kondisi geopolitik dan ekonomi global, harga batu bara yang menurun dan ketidakpastian pasar batu bara turut menjadi penentu dalam pendapatan BUMI. Pembayaran royalti sebesar 32% termasuk pajak dan subsidi harga domestik juga memberikan kontribusi besar berkurangnya pendapatan BUMI. 

Kondisi itu diperburuk dengan naiknya harga bahan bakar dan meningkatnya stok persediaan serta tingginya angka produksi batubara di India dan Tiongkok, bahkan di dalam negeri.  

Baca juga : Dukung Keberlanjutan, Paradise Indonesia Bidik 20% Kenaikan Pendapatan di 2024

Hingga akhir September 2023, BUMI memproduksi batu bara sebesar 56,2 juta ton. Angka ini meningkat 5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang sebanyak 53,7 juta ton. 

Peningkatan produksi secara umum bisa dikaitkan dengan kondisi cuaca yang mendukung di area tambang. Sedangkan penjualan BUMI meningkat 5% dari tahun lalu  di tengah penurunan harga batu bara sebesar 28% menjadi US$85,2/t dari US$118,7/t tahun lalu. 

BUMI telah mencatatkan laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk, sebesar US$58,3 juta.

Baca juga : Kinerja 9 Bulan 2023 Positif, Delta Dunia Group Lanjutkan Diversifikasi Pendapatan

“Prioritas utama BUMI saat ini adalah mengoptimalkan biaya, menerapkan digitalisasi, mengupayakan bauran energi, menyesuaikan produksi dengan kebutuhan pasar dan memastikan inventori yang rendah guna mengoptimalkan modal kerja,” kata Dileep Srivastava, Corporate Secretary PT BUMI Resources

Prospek untuk 2024 terlihat lebih baik dengan asumsi harga batu bara yang meningkat, penurunan harga bahan bakar, produksi batu bara yang lebih tinggi, dan peningkatan kontribusi anak perusahaan. (Z-5)

Baca juga : Barito Pacific Kantongi Pendapatan US$2,112 Miliar di Kuartal Ketiga 2023

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat