visitaaponce.com

Data Ekonomi 2023 Solid, Laporan Bank Dunia Perkirakan Ekonomi Indonesia 2024 Tumbuh 4,9

Data Ekonomi 2023 Solid, Laporan Bank Dunia Perkirakan Ekonomi Indonesia 2024 Tumbuh 4,9%
Ilustrasi peningkatan pertumbuhan ekonomi.(Freepik)

BANK Dunia melalui laporan Global Economic Prospects 2024 menyebutkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2024 mencapai 4,9%. Angka tersebut dapat mengalahkan negara-negara utama seperti Amerika Serikat (AS), Eropa, Jepang dan Tiongkok.

Sejumlah ketidakpastian ekonomi dalam dan luar negeri tetap menjadi perhatian pelaku pasar, terutama perlambatan ekonomi baik dari AS, Tiongkok dan sejumlah negara maju. Tensi geopolitik dari Perang Rusia - Ukraina dan konflik Timur Tengah turut memberikan dampak bagi aktivitas perekonomian.

Baca juga: UMKM Jadi Elemen Kunci Pengembangan Potensi Desa

"Kondisi ini menjadi tantangan bagi Indonesia. Namun dengan sejumlah data ekonomi di tahun 2023 yang solid akan memberikan ketahanan perekonomian dalam negeri," kata Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus, Kamis (11/1).

"Namun demikian pemerintah juga tetap fokus dalam mengantisipasi perlambatan ekonomi global," kata Nico.

Bank Dunia dalam laporan terbarunya Global Economic Prospects January 2024 memperkirakan ekonomi global akan melambat ke 2,4%.

Baca juga: Optimisme tidak Boleh Surut untuk Hadapi Tantangan Ekonomi Global

Ini disebabkan oleh dampak risiko besar dari konflik di Timur Tengah, gangguan di pasar komoditas, mahalnya ongkos pinjaman, membengkaknya utang dunia, melandainya ekonomi Tiongkok, inflasi yang masih tinggi, serta perubahan iklim yang ekstrim.

"Dalam mengatasi segala tantangan yang terjadi, Indonesia telah memiliki bekal yang cukup kuat, terbukti dari pendapatan negara di tahun 2023 yang mencapai Rp2.774,3 triliun (112,6 persen terhadap APBN 2023 atau 105,2 persen dari Perpres 75/2023) atau tumbuh 5,3 persen dibandingkan realisasi tahun 2022," kata Nico.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat