visitaaponce.com

Perbaiki 7.365 Kilometer Jalan, PHR Percepat Pertumbuhan Ekonomi

Perbaiki 7.365 Kilometer Jalan, PHR Percepat Pertumbuhan Ekonomi
Pertamina Hulu Rokan (PHR) melakukan perbaikan dan perawatan jalan di wilayah kerja (WK) Rokan, Riau, sepanjang 7.365 kilometer pada 2023.(Dok PHE)

EKONOM senior Ryan Kiryanto menilai positif upaya Pertamina Hulu Rokan (PHR) dalam melakukan perbaikan dan perawatan jalan. Pada 2023 misalnya, tercatat perbaikan dan perawatan jalan di wilayah kerja (WK) Rokan, Riau, mencapai 7.365 kilometer.

“Upaya PHR ini akan mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah. Biaya logistik juga akan jadi lebih murah,” ungkap Ryan dalam keterangannya, hari ini.

Baca juga: PHE Terapkan Strategi Sinergi Operasi Tingkatkan Produksi Migas

Menurut Ryan, perbaikan dan perawatan jalan tidak hanya memperlancar operasional PHR sebagai bagian dari PT Pertamina Hulu Energi (PHE), tetapi juga amat berguna bagi masyarakat.

Dengan jalan dan infrastruktur lebih baik, akan memperlancar akses dan mendukung mobilitas masyarakat. Pada akhirnya, kondisi demikian bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi.

“Bahkan menurut saya, pengaruhnya amat besar. Sebab, kelancaran arus barang dan jasa diperkirakan bisa meningkatkan efisiensi sampai 30%,” kata dia.

Masyarakat, lanjut Ryan, akan memperoleh manfaat terkait lancarnya transportasi.

“Misalnya, nelayan dan pekebun yang berada di wilayah operasi PHR akan mendapatkan ongkos transportasi dan mobilitas barang serta orang yang lebih mudah dan efisien,” kata Ryan yang juga Co-Founder Institute of Social Economic Digital (ISED) ini.

Baca juga: Penggantian Pipa Bawah Air Tuntas, PHE OSES Berproduksi Kembali

Menurut dia, kualitas produk pertanian dan perikanan membutuhkan transportasi yang lancar. Jika kondisi jalan tidak terawat, petani dan nelayan akan kesulitan mempertahankan kualitas produk.

“Misalnya, ikan, sayur dan hasil kebun harus segera diangkut sehingga harganya masih tetap tinggi. Jangan sampai barang-barang itu rusak saat tiba di konsumen,” jelasnya.

Manfaat yang lebih tinggi itu akhirnya akan meningkatkan mobilitas masyarakat dan roda perekonomian sehingga daerah akan semakin tumbuh dan berkembang.

Pada sisi lain, tambah Ryan, upaya perbaikan dan perawatan jalan itu sekaligus menunjukkan PHR menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) dengan baik.

“Artinya, PHR juga memberikan jawaban yang baik terhadap ketentuan yang berlaku yakni terkait community development,” kata dia.

Baca juga: Dua Penerima Beasiswa PT PHR Lanjutkan Studi di Amerika Serikat

Tidak hanya soal perbaikan dan perawatan jalan. Secara umum, kata Ryan, keberadaan PHR memang memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

Dengan adanya PHR, peluang ekonomi masyarakat menjadi lebih terbuka. “Masyarakat bisa menjadi pemasok makanan. Usaha katering dan laundry juga bisa berkembang,” kata dia.

Sebelumnya, sepanjang 2023, PHR melakukan perbaikan dan perawatan 7.365 kilometer jalan di Blok Rokan, Riau. Upaya perbaikan dan perawatan infrastruktur itu merupakan komitmen PHR memberikan akses yang baik dan lancar untuk digunakan PHR dan masyarakat.

Selain itu, PHR juga memperbaiki jembatan dan culvert di 169 lokasi serta merawat kanal sepanjang 363 km dan saluran air sepanjang 599 km. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat