visitaaponce.com

Memorial Park IKN adalah Bentuk Penghormatan kepada Pahlawan

Memorial Park IKN adalah Bentuk Penghormatan kepada Pahlawan
Presiden Joko Widodo memulai pembangunan infrastruktur di IKN.(Youtube Setpres)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) mengungkapkan pembangunan Memorial Park di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, merupakan bentuk penghormatan untuk para pahlawan bangsa.

Memorial Park IKN dibangun dengan konsep monumental yang menggambarkan perjuangan panjang yang menghasilkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia melalui pahlawan proklamator Bapak Soekarno dan Bapak Mohammad Hatta," ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PU-Pera Diana Kusumastuti di Jakarta, Kamis (18/1).
 
Diana mengatakan sosok Soekarno dan Mohammad Hatta diwujudkan dalam patung dengan cangkang telur dan burung garuda setinggi 18 meter. Patung itu melambangkan semangat dan pemikiran mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Baca juga: Masjid Negara IKN Mulai Dibangun, Indra Yuwana: Beroperasi 2025

Memorial Park IKN dibangun oleh Nindya Karya-Penta KSO dengan biaya Rp361 miliar. Proses pengerjaan ditargetkan selesai pada Desember 2024. Area Memorial Park menempati lahan seluas 2.034 meter persegi.

"Memorial Park IKN dibangun terintegrasi dengan Kawasan Plaza Sipil dan Beranda Nusantara seluas 12 hektare yang memanfaatkan titik tertinggi kedua di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN setelah Istana Presiden," terang Diana.

Baca juga: Jokowi bakal Groundbreaking Infrastruktur di IKN Setiap Bulan

Selain Memorial Park, di kawasan Beranda Nusantara nantinya juga dibangun Bukit Bendera, Museum Peradaban, dan bangunan Beranda Nusantara.

Sebelumnya, dalam kunjungan ke IKN, Rabu (17/1), Presiden Joko Widodo meresmikan dimulainya pembangunan sejumlah pembangunan infrastruktur, salah satunya adalah Memorial Park IKN. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat