visitaaponce.com

LMAN Kuncurkan Rp18 Triliun untuk Pengadaan Lahan PSN di 2023

LMAN Kuncurkan Rp18 Triliun untuk Pengadaan Lahan PSN di 2023
Jalan tol Solo-Yogyakarta yang pendanan pengadaan lahannya melalui LMAN(Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

LEMBAGA Manajemen Aset Negara (LMAN) telah melakukan pendanaan pengadaan lahan untuk Proyek Strategis Nasional (PSN) senilai Rp18,206 triliun pada 2023.

Kinerja tersebut mengalami peningkatan 13,45% dari realisasi pendanaan lahan untuk PSN di tahun sebelumnya yang sebesar Rp16,407 triliun.

"Setiap tahun negara hadir melalui APBN mengalokasikan dana untuk PSN khususnya melalui LMAN untuk pembebasan lahan. Ini sumbernya dari APBN. Tahun 2023, kita merealisasikan Rp18,206 triliun, naik 13,45% karena 2022 realiasi kita Rp16,407 triliun," ujar Direktur Utama LMAN Basuki Purwanto dalam taklimat media di kantornya, Jakarta, Selasa (23/1).

Baca juga : BP Kawasan Rebana-IKA Unpad Dukung Pengembangan Wilayah Metropolitan

Dia menambahkan, pendanaan pengadaan lahan itu didominasi untuk mendukung PSN jalan tol

Dari data LMAN, pendanaan untuk PSN jalan bebas hambatan itu mencapai Rp14,397 triliun. PSN dengan pendaan pengadaan lahan terbesar kedua ialah sektor sumber daya air senilai Rp2,204 triliun.

Baca juga : Puluhan Pelanggaran HAM Terjadi Terkait PSN pada Periode Kedua Jokowi

Sektor sumber daya air itu terdiri dari PSN bendungan senilai Rp1,970 triliun, PSN irigasi Rp31,769 miliar, dan PSN air baku senilai Rp22,945 miliar. Sementara pendaan pengadaan lahan untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi yang terbesar ketiga, yakni senilai Rp1,426 triliun.

Basuki mengatakan, LMAN menargetkan pendanaan untuk pengadaan lahan PSN tahun ini akan sama dengan realisasi tahun lalu, yakni di kisaran Rp18 triliun. 

"Harapan kita, setidaknya, realisasinya sama dengan 2023, yaitu Rp18 triliunan. Karena banyak PSN diharapkan selesai tahun ini, ini butuh koordinasi, kerja sama, kolaborasi semua pihak," tuturnya.

Adapun PSN yang diperkirakan membutuhkan pendanaan besar dalam pengadaan lahan ialah pembangunan IKN, Bendungan Marga Tiga, Bendungan Cipanas, dan Air Baku Karian.

Sedangkan pendanaan besar pengadaan lahan untuk jalan tol diperkirakan diperlukan untuk PSN Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo; Tol Yogyakarta-Bawen; Tol Japek 2 Selatan; Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap; Tol Depok-Antasari; Tol Semarang-Demak; dan Tol Rengat-Pekanbaru.

"Jadi kalau ada pembebasan lahan, itu bukan melulu hasil LMAN. Misal ATR/BPN, mereka yang identifikasi tanah, lalu ada PUPR, ada KJPP yang melakukan penilaian atas nilai tanah, lalu ada KPPIP, jadi memang ini suatu pekerjaan yang dikeroyok bersama-sama, tidak akan mungkin terbangun jalan tol kalau tidak ada sinergi dan kolaborasi," urai Basuki.

Di kesempatan yang sama, Direktur Pengadaan dan Pendanaan Lahan LMAN Rustanto menyampaikan, sementara ini dana pembebasan lahan untuk mendukung PSN di IKN dialokasikan senilai Rp3,346 triliun. Sejauh ini alokasi tersebut ditujukan untuk mendukung 8 proyek di IKN.

"Nanti tentu akan kalau memang ada top up anggaran dan lainnya, pasti akan ada ratas terlebih dulu untuk kemudian dipercayakan ke LMAN. Jadi masih ada kemungkinan untuk kebutuhan dana pembebasan lahan IKN bisa bertambah lagi," kata dia.

Sedangkan dalam periode 2017 hingga 2023 alokasi dana yang dipercayakan oleh pemerintah kepada LMAN untuk melakukan pembebasan lahan mencapai Rp159,890 triliun. Dana tersebut digunakan untuk mendukung 117 PSN. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat