visitaaponce.com

Dana Kelolaan Reksa Dana BRI Manajemen Investasi Tumbuh 13 di 2023

Dana Kelolaan Reksa Dana BRI Manajemen Investasi Tumbuh 13% di 2023
Ilustrasi(Istimewa)

PT BRI Manajemen Investasi (BRI-MI) menutup 2023 dengan catatan positif. Dana kelolaan (Asset Under Management/AUM) reksa dana tumbuh sebesar 13% menjadi Rp30,56 triliun.

“BRI-MI secara konsisten terus bertumbuh di 2023. Hal ini tercermin dari pertumbuhan AUM reksa dana sebesar 13% dan menjadikan BRI-MI sebagai Top 5 Manajer Investasi di akhir tahun 2023 dengan pangsa pasar sebesar 6%," ujar Plt Direktur Utama BRI-MI Ira Irmalia melalui keterangan tertulis, Kamis (25/1).

Ia mengungkapkan hasil apik tersebut tidak lepas dari kepercayaan upaya persreoan untuk melakukan berbagai inovasi produk yang menyesuaikan kebutuhan dan profil risiko nasabah. Salah satunya adalah reksa dana Balanced Regular Income Fund (BRIF) yang menjadi produk unggulan yang berkontribusi besar pada pertumbuhan AUM di 2023.

Baca juga: Beragam Pilihan Reksa Dana sebagai Alternatif Instrumen Investasi yang Menarik

"Sinergi dengan Bank BRI menjadi kunci penting dalam meningkatkan AUM reksa dana kami, terutama melalui produk BRIF. Hal ini terlihat dari pencapaian AUM di akhir Desember 2023 sebesar Rp2,3 Triliun, atau tumbuh signifikan sebesar 2124% dibandingkan dengan AUM Desember 2022 yaitu Rp106,2 miliar," tutur Ira.

BRIF diluncurkan pertama kali pada 1 Juli 2019 dan memiliki daya tarik tersendiri yaitu melalui strategi memaksimalkan komposisi investasi pada instrumen obligasi. Produk tersebut memiliki karakteristik yang berbeda dengan reksa dana campuran pada umumnya yang mengalokasikan dana ke berbagai jenis instrumen investasi, seperti saham, obligasi, dan instrumen pasar uang.

Baca juga: Mengapa Kinerja Reksa Dana Tertekan di 2023?

“BRIF sangat cocok sebagai instrumen diversifikasi investasi, karena memiliki fitur yang unik yaitu memberikan dividen setiap bulannya. Dengan adanya potensi penurunan suku bunga di tahun 2024, investasi pada reksa dana BRIF, yang underlying asset-nya termasuk instrumen surat utang, berpotensi memberikan imbal hasil investasi yang optimal ke depan,” tandasnya.

Di sepanjang 2023 BRI-MI juga berhasil meraih berbagai penghargaan atas kinerja produk unggulan. Salah satunya yaitu penghargaan produk reksa dana BRI MSCI Indonesia ESG Screened Kelas A sebagai The Most Expansive Growth Mutual Funds periode 1 tahun di acara Business Indonesia Financial Award (BIFA) 2023. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat