visitaaponce.com

Pelaku Usaha Sawit Desak Pemerintah segera Bentuk Badan Sawit

Pelaku Usaha Sawit Desak Pemerintah segera Bentuk Badan Sawit
Plt Ketua DMSI Sahat Sinaga memberikan paparan dalam workshop Indsutri Hilir Sawit(DMSI)

Pelaksana Tugas Ketua Umum Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) Sahat Sinaga menekankan pentingnya keberadaan Badan Sawit yang bertanggung jawab penuh terhadap pengembangan industri sawit dari hulu sampai ke hilir. Ia mengatakan, lembaga tersebut dibutuhkan demi menciptakan kepastian hukum dan regulasi sehingga para pelaku usaha merasa aman dan nyaman dalam melaksanakan bisnis di Tanah Air.

Menurutnya, saat ini, terlalu banyak kementerian/lembaga yang mengatur industri minyak sawit sehingga banyak aturan yang tumpang tindih. Bahkan, ada banyak instansi di daerah yang ikut campur hingga membuat iklim investasi menjadi tidak kondisif. Pelaksanaan produksi pun menjadi tidak optimal.

“Oleh sebab itu, kita perlu satu badan khusus saja agar laju industri sawit berjalan optimal. Jangan Kementerian-kementerian banyak cawe-cawe ke sawit. Cukup satu badan saja. Kementerian lain hanya mendukung. Kami ingin tumpang tindih regulasi yang menghambat industri di sektor sawit bisa diselesaikan,” ujar Sahat dalam Workshop Industri Hilir Sawit yang dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat, Kamis (1/2).

Baca juga : Selaraskan Langkah Bersama, Perkuat Perkelapasawitan Indonesia

Salah satu contoh konkret dari suksesnya kebijakan tersebut bisa dilihat di Malaysia. Negara tetangga yang hanya memiliki 5 juta hektare lahan sawit, hanya sepertiga dari luas lahan sawit di Indonesia yang mencapai 16,8 juta hektare, bisa lebih maju dalam hal hilirisasi karena memiliki Lembaga Minyak Sawit Malaysia. Hasilnya, mereka punya sekitar 260 produk turunan sawit. Sementara, Indonesia hanya 179 produk turunan sawit.

“Mereka bisa menghasilkan tokotrienol dari sawit. Tokotreanol per kilogram itu harganya US$800. Kenapa mereka bisa banyak? Karena pengusaha aman disana. Tidak tiba-tiba ada kesatuan pemuda setempat yang datang, atau tiba-tiba regulasi berubah," ucapnya.

Sahat mengungkapkan, pada 2023, nilai dari hasil hilirisasi sawit di Tanah Air mencapai US$62,9 miliar. Angka tersebut berasal dari hasil ekspor sebesar US$38,4 miliar, penjualan domestik US$21,4 miliar dan pengadaan biomassa US$3,1 miliar. Ia meyakini, jika Badan Sawit dibentuk, nilai yang dihasilkan akan mengalami peningkatan signifikan.

Baca juga : BPDPKS-Aspekpir Kolaborasi Kembangkan UKM dan Koperasi Berbasis Sawit di Sultra

“Produk hilir sawit pada 2007 hanya 54 jenis. Angkanya naik menjadi 179 di 2023. Kesempatan untuk terus berkembang dan memperoleh nilai yang lebih besar masih terbuka luas,” tandasnya. (Z-11)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat