visitaaponce.com

Tekan Golput, Pengusaha Tebar Diskon Belanja Hari Pencoblosan Pemilu 2024

Tekan Golput, Pengusaha Tebar Diskon Belanja Hari Pencoblosan Pemilu 2024
Pengunjung memadati toko ritel yang memberikan promo spesial saat Pemilu 2019 di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta Barat.(MI/Sumaryanto Bronto)

PARA pengusaha berinisiatif memberikan diskon belanja di gerai dan mal kepada masyarakat yang berpartisipasi dalam pemilihan umum 14 Februari 2024. Itu dilakukan salah satunya untuk menekan angka golput dalam pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia.

Inisiatif tersebut dilakukan oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) dalam program Klingking Fun: Pesta Diskon, Anti Golput.

Klingking Fun adalah program kerja sama nasional ketiga asosiasi dan perusahaan ritel, yang memungkinkan masyarakat mendapatkan sejumlah diskon dengan menunjukkan tinta di jari setelah menggunakan hak pilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca juga : Buruh Tolak UMP 2024, Apindo Kedepankan Dialog Bipartit

Program nasional itu bakal dilangsungkan serentak pada hari pemilihan umum, 14 Februari 2024 hingga gelaran pemilu selesai. Ketua Umum Apindo Shinta W. Kamdani mengatakan, ini merupakan kali kedua Apindomengadakan Program Klingking Fun, setelah diselenggarakan pertama kalinya pada tahun 2019.

"Apindo bersikap netral dalam kontestasi politik dan kembali melaksanakan komitmen dalam mendukung pemilu, dengan mendorong masyarakat untuk memilih dan tidak golput dengan menggandeng asosiasi serta pelaku usaha," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (1/2).

Pelaksanaan program Klingking Fun diharapkan dapat meningkatkan partisipasi politik masyarakat dan lebih menggerakkan roda perekonomian nasional. Apindo juga mendorong perusahaan anggotanya untuk berpartisipasi dengan memberikan diskon bagi para pemilih yang telah menggunakan hak pilihnya dalam pemilu 2024.

Baca juga : Rupiah Nyaris Rp16 Ribu Per Dolar AS, Ini Kata Apindo

Shinta menambahkan, program Klingking Fun merupakan inisiatif pengusaha untuk menyambut dan menyemarakkan gelaran pesta demokrasi yang diharapkan juga dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia.

Senada dengan Shinta, Ketua Panitia Klingking Fun 2024 sekaligus Plt. Wakil Ketua Umum Hippindo Fetty Kwartati mengatakan, gelaran tersebut akan menjadi agenda ikonik lima tahunan bagi masyarakat Indonesia yang sedang menyambut dan mengikuti pesta demokrasi.

"Penyelenggaraan di tahun 2024 ini akan lebih meriah yang diikuti lebih banyak peserta retail dan mall," ujarnya.

Baca juga : Disambut Antusias, APPBI DKI Jakarta Optimistis Target FJGS 2023 Tercapai

Masyarakat yang telah menentukan pilihannya dengan melakukan pencoblosan di TPS pada tanggal 14 Februari 2024 dapat langsung mengunjungi mal atau toko ritel terdekat yang mengikuti acara Klingking Fun. Cukup dengan menunjukkan tinta di jari sebagai bukti partisipasi pemilu, masyarakat dapat menikmati diskon-diskon yang menarik.

"Acara ikonik Klingking Fun ini dapat menjadi ajang untuk meredam ketegangan politik karena pemilu dan sebagai bentuk apresiasi terhadap masyarakat yang telah mengikuti proses demokrasi. Selain itu, kami berharap acara ini juga dapat meningkatkan okupansi kunjungan konsumen ke pusat belanja atau mal dan meningkatkan omset para peritel dan penyewa," ungkap Fetty.

Sementara itu, Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja mengatakan, selama ini pusat perbelanjaan Indonesia telah memiliki program untuk mendukung kesuksesan setiap Pemilu yang mana belum terintegrasi dengan pemangku kepentingan (stakeholder).

Baca juga : Sambut Ramadan, Transmart Midnight Sale Digelar Besok Malam

"Mulai Pemilu 2024 ini, pusat perbelanjaan Indonesia bergabung dalam program Klingking Fun 2024 bersama dengan Hippindo di bawah koordinasi Apindo agar program ini semakin besar dan kuat dalam mendorong kesuksesan Pemilu 2024, melalui tingkat partisipasi pemilih yang tinggi,” ujarnya.

"Dengan bergabungnya berbagai pemangku kepentingan dalam program ini, kami harap Klingking Fun 2024 mampu menjadi program besar yang kuat dan satu-satunya dari industri usaha ritel Indonesia dalam mendukung kesuksesan Pemilu 2024," tambah Alphonzus. (Z-4)

Baca juga : Sambut Ramadan, Supermal Karawaci Ajak 30 Anak dari Dua Yayasan Berbelanja

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat