visitaaponce.com

Penyandang Disabilitas Diperbolehkan Bawa Pendamping saat Pencoblosan

Penyandang Disabilitas Diperbolehkan Bawa Pendamping saat Pencoblosan
Pekerja mempersiapkan material yang akan dirakit menjadi kotak suara pemilu 2024 di Yogyakarta(AFP/Devi Rahman)

KETUA Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU DIY Sri Surani mengimbau, penyandang disabilitas yang tidak mampu mencoblos secara mandiri untuk mempersiapkan orang terdekat mendampingi mereka saat di TPS.

"Yang paling paham adalah orang terdekat dan dipercaya. Membawa pendamping  sendiri dibolehkan. Nanti (pendamping itu) membuat pernyataan tidak membocorkan," kata dia kepada awak media, Kamis (28/12).

Jika teman disabilitas tersebut tidak membawa pendamping, pihaknya akan memaksimalkan petugas di KPPS untuk bisa mendampingi.

Baca juga : Komnas HAM: Paku Coblos Pemilu Bahayakan Kaum Disabilitas Mental

Sri menambahkan, orang dengan gangguan jiwa yang ingin menggunakan hak pilihnya diimbau menyiapkan obat yang biasa dikonsumsi. Harapannya, mereka tidak mengalami tantrum saat proses pemilihan.

"Kami terus menyasar sosialisasi kepada pendamping disabilitas di level kelurahan untuk memastikan agar teman disabilitas bisa menggunakan hak pilih pada 14 Februari 2024," papar dia.

Ketua KPU DIY, Ahmad Shidqi menyampaikan, pihaknya akan mulai penyortiran dan pengepakan logistik suara pada Januari dan Februari. 

Baca juga : Perlindungan Hak Pilih Penyandang Disabilitas di Pemilu 2024

"Pengepakan dilakukan ke masing-masing kotak dan dikelompokkan berdasarkan kelurahan," kata dia

Surat suara akan dimasukkan dalam plastik kemudian dimasukan dalam kotak suara dan kotak suara akan dibungkus dengan plastik. Dengan cara itu, surat suara akan aman dan tidak rusak.

Distribusi akan dilakukan 11-13 ke TPS-TPS. Pendistribusian logistik pemungutan suara sengaja dilakukan mendekati hari H agar tifak terlalu lama di desa.

Pasalnya, jika terlalu lama di desa, pihak desa akan terbebani ada kerawanan terhadap surat suara, misal terjadi banjir sehingga membuat logistik rusak. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat