visitaaponce.com

Anies Baswedan Banyak Nelayan Mengeluh Sulit Melaut dan Dapat Solar

Anies Baswedan: Banyak Nelayan Mengeluh Sulit Melaut dan Dapat Solar
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan berkampanye di Parepare, Sulawesi Selatan.(MI/Susanto)

Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menyerap aspirasi dari para nelayan saat berkampanye di Lapangan Lumpue, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Selasa (6/2). Dalam kesempatan itu, ia banyak mendapat keluhan terkait aturan dalam melaut.

"Banyak sekali nelayan yang mengeluh. Mereka nelayan kecil yang ingin melaut jauh, namun dipersulit oleh aturan hanya boleh melaut sejauh 12 mil dari tepi pantai," ujar Anies. 

Dengan semakin sempitnya ruang lingkup melaut, para nelayan menjadi kesulitan. Akhirnya, kesejahteraan mereka tidak meningkat dan timpang dengan pelaku usaha perikanan yang sudah mapan.

Baca juga : Anies Janjikan Bangun Tempat Pengolahan Ikan untuk Para Nelayan

Selain itu, keluhan juga disampaikan terkait bahan bakar solar yang sulit dijangkau. Itu semakin memperparah kondisi nelayan untuk melaut dam mencari nafkah.

"Sudah tidak bisa melaut jauh, solarnya juga sulit. Apa yang mereka bisa rasakan kemajuannya? Insya Allah, perubahan akan terjadi pada nelayan kita," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Kampanye Anies di Parepare disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat setempat. Bahkan, saat menyampaikan orasi politik, seorang nelayan tiba-tiba naik ke panggung dan langsung mengungkapkan keluhan dan harapannya.

Baca juga : Anies Soroti Aneka Kendala yang Dihadapi Nelayan

"Kami tidak butuh makan gratis, susu gratis, yang kami butuhkan kesetaraan, kemudahan dalam melaut," ujar Sappe yang merupakan perwakilan dari nelayan Pantai Pasir Putih Lumpue. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat