visitaaponce.com

Singapura Dominasi Investasi Asing di Batam pada 2023

Singapura Dominasi Investasi Asing di Batam pada 2023
Sebuah kapal yacht bersandar di dermaga Pulau Anak Nirup, Batam, Kepulauan Riau.(Dok. Antara)

BADAN Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI mencatat bahwa nilai investasi Singapura masih mendominasi Penanaman Modal Asing (PMA) di Batam pada tahun 2023, mencapai USD366,47 juta atau setara Rp5,42 triliun dari 778 proyek. Tiongkok menyusul di peringkat kedua dengan nilai USD51,708 juta atau Rp765,28 juta dari 155 proyek.

Tidak hanya Singapura dan Tiongkok, negara-negara Eropa juga memiliki kontribusi signifikan dalam investasi di Batam. Negara-negara seperti Perancis, Luxembourg, Swiss, Inggris, dan Jerman tetap berada dalam 10 besar negara dengan investasi terbesar di Batam.

Berikut adalah daftar 10 negara dengan sumbangan PMA terbesar, di antaranya Singapura, Tiongkok, Hongkong, Perancis, Jepang, Malaysia, Luxembourg, Swiss, Inggris, dan Jerman.

Baca juga : Bahlil Dinilai Disfungsional Saat Resmikan Media Center

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait, menyatakan bahwa pencapaian ini adalah hasil dari komitmen BP Batam untuk mempermudah para investor. Selain itu, kemajuan infrastruktur Batam yang pesat juga menjadi faktor penting dalam menarik minat investor.

"Dengan perbaikan infrastruktur Batam ke depannya dilirik investasi asing dalam jumlah besar," kata dia, Kamis (8/2).

Realisasi investasi asing di Batam sepanjang tahun 2023 mencapai USD595,9 juta atau Rp8,819 triliun dari 1.468 proyek yang ada.

Baca juga : Indonesia masih Menjadi Negara yang Diminati Investor

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat