visitaaponce.com

Harga Pangan Diperkirakan akan Turun Saat Panen di Bulan Maret

Harga Pangan Diperkirakan akan Turun Saat Panen di Bulan Maret
Pekerja sedang menata beras di Pasar Kramat Jati, Jakarta, Jumat (26/1/2024).(MI/Adam Dwi)

DIREKTUR Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Mohammad Faisal mengatakan siklus inflasi tahun ke tahun dan juga bulan ke bulan, memang biasanya akan tinggi pada dua momen, yaitu Ramadan dan akhir tahun baru sampai dengan Januari.

"Jadi kalau Januari inflasi lebih tinggi dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain, itu memang sudah menjadi siklus setiap tahun," kata Faisal, dihubungi Minggu (11/2).

Inflasi Indonesia Januari 2024 seperti yang sudah dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sebesar 0,04% secara bulanan (mtm) menurutnya malah justru apa lebih rendah daripada perkiraan, walaupun harga pangan relatif tinggi. Inflasi tahunan Indonesia mencapai 2,57% (yoy).

Baca juga : Konsumsi Masyarakat Anjlok Sepanjang 2023

BPS mencatat inflasi inti pada Januari 2024 tercatat sebesar 0,20% (mtm), sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya sebesar 0,14% (mtm).

Dia jelaskan secara siklus dari bulan ke bulan, menjelang panen raya di bulan Februari, memang harga meningkat tapi begitu panen, harga akan langsung turun.

Waktu panen memang diperkirakan akan mundur, diperkirakan tidak akan lebih dari 1 bulan. Artinya panen diperkirakan terjadi di Maret. Sehingga sebetulnya kenaikan harga pangan itu paling lambat di Februari.

Baca juga : Jelang Ramadan, Pemprov DKI Diminta Waspadai Lonjakan Harga Pangan

"Setelah itu harga pangan akan turun kembali. Sehingga dari sisi inflasi untuk semester I-2024, perkiraan saya masih relatif rendah. Hal ini dipicu oleh hal, yang bukan sepenuhnya baik," kata Faisal.

Seban, sebagian penyebab inflasi yang rendah adalah permintaan yang rendah, salah satunya juga mengindikasikan daya beli yang rendah terutama di kalangan menengah.

"Ini yang mendorong saya yakin di semester pertama tahun ini inflasinya masih rendah," kata Faisal.

Baca juga : Meski Inflasi Babel Terendah Se-Indonesia, Pj Gubernur Ingatkan Jangan Lengah

Di semester kedua ada kemungkinan inflasi meningkat. Namun masih perlu dilihat lagi kondisi terutama di global dan dinamika politik setelah terpilihnya presiden baru. (Try/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat