visitaaponce.com

Prabowo Bakal Pangkas Subsidi BBM, LPG, dan Listrik untuk Program Makan Gratis Jika Menang

Prabowo Bakal Pangkas Subsidi BBM, LPG, dan Listrik untuk Program Makan Gratis Jika Menang
Calon presiden Prabowo Subianto.(Dok. AFP)

WAKIL Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Eddy Soeparno menuturkan calon presiden Prabowo Subianto akan memangkas dana subsidi energi demi memenuhi janji kampanye program makan siang gratis senilai Rp400 triliun. Subsidi energi terdiri dari subsidi bahan bakar minyak (BBM), LPG, dan listrik.

Eddy menyebut bahwa pendanaan program makan gratis tidak hanya spesifik memangkas subsidi bahan bakar minyak (BBM) semata.

"Iya yang diberitakan berita itu salah konteks. Kata-kata akuratnya ialah efisiensi subsidi energi," ucap Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Baca juga : Hingga Mei, Pemerintah telah Salurkan Subsidi Rp75,3 Triliun

Eddy menuturkan selama ini subsidi energi masih penting bagi masyarakat mengingat pemakaian BBM jenis pertalite dan solar, LPG dan listrik menjadi komoditi yang dinikmati dari kalangan banyak pihak, orang mampu atau tajir. Pihaknya pun akan berhati-hati untuk menjalankan program makan gratis yang bersumber dari pemangkasan subsidi energi.

"Saya kan Pimpinan Komisi VII DPR RI, jadi tahu kebutuhan dan masalah kita di bidang energi apa. Jadi, lebih ke efisiensi subsidi energi," katanya.

Terpisah, Komandan Tim Komunikasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Gibran, Budisatrio Djiwandono juga meluruskan isu yang menyebutkan bahwa program makan siang gratis Prabowo-Gibran baru terlaksana di 2029.

Baca juga : Berlaku di 2022, Pemerintah Godok Kebijakan Subsidi LPG & Listrik

Ia menegaskan bahwa isu tersebut adalah misinformasi yang sengaja disebarkan di masa tenang Pemilu 2024. .

“Isu yang menyebutkan program makan siang dan susu gratis baru dijalankan pada 2029 itu tidak benar. Program ini akan dijalankan setelah Pak Prabowo dan Mas Gibran dilantik sebagai presiden dan wakil presiden,” terang Budisatrio.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat