visitaaponce.com

Pertumbuhan Ekonomi Syariah di Indonesia Diproyeksikan Meningkat Hingga 5,5 Persen pada 2024

Pertumbuhan Ekonomi Syariah di Indonesia Diproyeksikan Meningkat Hingga 5,5 Persen pada 2024
Ekonomi syariah diprediksi tumbuh hingga 5,5% pada 2024(MI/Susanto)

BANK Indonesia (BI) merilis proyeksi pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah (eksyar) pada tahun 2024, menargetkan kisaran 4,7-5,5 persen secara year on year (yoy). Peningkatan ini akan didukung oleh pertumbuhan pembiayaan perbankan syariah yang diantisipasi mencapai 10-12 persen (yoy).

Menurut Deputi Gubernur BI Juda Agung, proyeksi ini sejalan dengan implementasi inisiatif strategis nasional, termasuk kewajiban sertifikasi halal sesuai Undang-undang Jaminan Produk Halal, inovasi di sektor keuangan sosial syariah, program kolaborasi antar kementerian dan lembaga, serta digitalisasi eksyar yang semakin berkembang.

"Hal ini sejalan dengan implementasi berbagai inisiatif strategis nasional seperti kewajiban sertifikasi halal sesuai mandat Undang-undang Jaminan Produk Halal, inovasi pada sektor keuangan sosial syariah, program kolaborasi antar kementerian dan lembaga, serta digitalisasi eksyar yang semakin masif," ungkap Juda, seperti dilansir dari Antara, Senin (26/2).

Baca juga : Negara Nonmuslim Lebih Progresif Mengembangkan Ekonomi Syariah

BI berkomitmen untuk melanjutkan kebijakan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah melalui tiga program utama. Pertama, pengembangan sektor unggulan, terutama sektor makanan-minuman halal dan fesyen muslim. Kedua, penguatan keuangan komersial dan sosial syariah. Ketiga, pengembangan pasar uang syariah melalui instrumen Sukuk Bank Indonesia (SukBI) dan Sukuk Valas Bank Indonesia (SuVBI).

Selain itu, BI juga menitikberatkan pada peningkatan literasi melalui penyelenggaraan Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) di tiga wilayah Indonesia dan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) berskala internasional. Semua ini dilakukan seiring dengan penguatan kepemimpinan di forum internasional.

Pada tahun 2023, ekonomi dan keuangan syariah Indonesia mencatat pertumbuhan positif, didukung oleh sektor unggulan Halal Value Chain (HVC) yang tumbuh sebesar 3,93 persen (yoy). Sektor HVC, yang mencakup pertanian, makanan minuman halal, Pariwisata Ramah Muslim (PRM), dan fesyen muslim, memberikan kontribusi hampir 23 persen terhadap ekonomi nasional.

Secara global, kinerja ekonomi syariah Indonesia juga mencatatkan kenaikan peringkat State of The Global of Islamic Economic (SGIE) menjadi peringkat ketiga pada tahun ini. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat