visitaaponce.com

Kabar Baik Penggilingan Padi UKM Mulai Berproduksi, Beras akan Mulai Banyak di Eceran

Kabar Baik! Penggilingan Padi UKM Mulai Berproduksi, Beras akan Mulai Banyak di Eceran
Beras diprediksi akan banyak di pasaran(MI/Ramdani)

DIREKTUR Utama Badan Urusan Logistik (Bulog) Bayu Krisnamurthi mengatakan saat ini panen mulai ada, penggilingan padi UKM mulai berproduksi lagi, pasokan beras dari penggilingan lokal mulai bertambah lagi, dan harga mulai turun.

"Cukup besar harapan, harga akan mulai turun dan beras mulai banyak di penjual eceran," kata Bayu, dihubungi Sabtu (2/3).

Adapun kebutuhan beras Indonesia per bulan sekitar 2,5 juta ton. Kebutuhan itu dipenuhi oleh sekitar 150 ribu penggilingan padi milik UKM dan pengusaha nasional yg tersebar diseluruh Indonesia.

Baca juga : Kementan Pastikan Pasokan Beras hingga Ramadan Aman

"Saat ini pasokan dari penggilingan padi lokal itu sebagian terganggu karena produksi padi terlambat akibat El-Nino dan biaya pupuk yang mahal. Pasokan para penggilingan itu masih tersedia tetapi sedikit berkurang dan mahal," kata Bayu.

Maka, Bulog berusaha mengisi kekurangan itu dengan bantuan pangan 10 kg/bulan kepada 22 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), menjual beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) ke warung-warung, lapak-lapak beras di pasar, ke distributor, dan ke ritel modern

"Jumlahnya selama Januari - Februari 2024 lebih dari 330 ribu ton," kata Bayu.

Bulog juga mendukung penjualan beras oleh Pemda lewat Program Gerakan Pangan Murah (GPM) dan melakukan penjualan langsung ke perumahan2 lewat program Bulog siAga (Aksi Jaga Harga).

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat