visitaaponce.com

Stok Beras Pedagang Menipis di Pasar Gedhe Klaten

Stok Beras Pedagang Menipis di Pasar Gedhe Klaten
Ilustrasi(MI/Susanto)

PEDAGANG beras di Pasar Gedhe Klaten, Jawa Tengah, mulai kehabisan stok karena kesulitan mendapatkan beras dari penggilingan padi sepekan terakhir.

Harga beras di tingkat eceran kini bertahan tinggi, bahkan terus naik. Beras lokal kualitas medium yang semula Rp16.000 per kg sekarang menjadi Rp16.500 per kg.

Salah satu pedagang, Arny, mengungkapkan bahwa sekarang sulit mencari beras di penggilingan padi, sehigga stok beras di pedagang rata-rata hampir habis atau menipis .

Baca juga : Stok Beras Pedagang di Pasar Gedhe Klaten Menipis

"Saat ini, untuk pengadaan beras untuk dijual sulit. Pun, banyak selepan di KLaten yang kehabisan stok beras," katanya, Jumat (23/2).

Senada diungkapkan Sunarti, pedagang yang juga menjual beras murah program stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) pasokan dari Perum Bulog.

"Memang, harga beras lokal medium sekarang naik menjadi Rp16.000-Rp16.500 per kg. Harga beras di pasar naik karena di penggilingan harga juga sudah tinggi," jelasnya.

Sementara itu, Joko Riyanto, pelaku usaha penggilingan membenarkan sekarang sulit mendapatka gabah. Karena belum panen, harga gabah naik menjadi Rp7.800-Rp8.000 per kg.

"Harga beras di pasar melambung karena harga gabah petani juga mahal. Karena itu, situasi perberasan sekarang ini secara nasional tidak baik-baik saja," ujarnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat