visitaaponce.com

Saat Ramai Mudik Lebaran 2024, Polri Membatasi Truk Angkutan Barang Melintas di Jalan Tol

Saat Ramai Mudik Lebaran 2024, Polri Membatasi Truk Angkutan Barang Melintas di Jalan Tol
Truk-truk pengangkut logistik melintas di ruas jalan tol di Jakarta(MI/Usman Iskandar)

GUNA mengantisipasi padatnya masyarakat mudik Lebaran 2024, Polri mengeluarkan kebijakan atas pembatasan kendaraan angkutan barang tertentu pada ruas jalan tol. Kebijakan Kepolisian itu akan diberlakukan mulai 5 April 2024 untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas mudik Lebaran.

“Pembatasan angkutan barang tertentu itu akan mulai berlaku tanggal 5 April 2024 pukul 14.00 WIB,” ujar Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen Aan Suhanan, kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (5/3).

Menurut Aan, petugas akan menyeleksi kendaraan besar sumbu tiga ke atas yang dapat melintas di ruas jalan tol saat momen mudik Lebaran.

Baca juga : Libur Idul Adha, Polri Batasi Angkutan Barang Sampai Minggu, 2 Juli 2023

Disebutkan, mulai 5 April 2024, One Way dan Contra Flow akan diterapkan di jalan tol ketika mudik Lebaran. Nantinya hanya kendaraan yang mengangkut bahan pokok atau kebutuhan sehari-hari masyarakat yang diperbolehkan melintas.

“Pembatasan operasional angkutan barang tertentu sumbu tiga ke atas ada beberapa pengecualian. Misalnya, untuk bahan pokok dan bahan sehari-hari masyarakat dan BBM itu kita kecualikan,” kata Aan.

Kendati demikian, pihaknya belum menjelaskan secara terperinci skema pemilahan kendaraan angkutan barang yang boleh dan tidak melintas.

Baca juga : Polri Siapkan Rencana Penanganan Lalu Lintas saat Lebaran

Dia hanya mengatakan, pembatasan ini bakal diterapkan bersamaan dengan sistem satu arah atau one way dan contra flow.

Sebelumnya, Polri memastikan bakal menerapkan sistem satu arah atau one way dan contra flow di ruas jalan tol pada momen mudik Lebaran 2024. Skema pengaturan lalu lintas untuk arus mudik Lebaran akan berlangsung mulai 5 April 2024 pukul 14.00 WIB.

“Yang jelas tanggal 5 April 2024 jam 14.00 WIB itu akan kami berlakukan untuk contraflow, kemudian one way,” ujar Aan.

Pemudik Lebaran 2024 diprediksi meningkat. Bahkan jalan tol bisa stuck bukan lagi macet.

Hal ini sesuai surat keputusan bersama Korlantas Polri, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait pengaturan arus lalu lintas selama mudik lebaran 2024. “Kami sudah membuat cara-cara bertindak yg akan kita lakukan. Jadi kami dalam SKB sudah mengatur tanggal-tanggal yang akan diberlakukan,” ujar Aan.(Ssr/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat