visitaaponce.com

Elon Musk Bukan Lagi Orang Terkaya Di Dunia, Pendiri Amazon Jadi Gantinya

Elon Musk Bukan Lagi Orang Terkaya Di Dunia, Pendiri Amazon Jadi Gantinya
Orang terkaya di Dunia(Instagram)

PENDIRI Amazon Jeff Bezos kembali merebut gelar orang terkaya di dunia menggantikan posisi Elon Musk. Turunnya posisi Elon Musk, kini digantikan oleh Jeff Bezos yang kembali menduduki posisi sebagai orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih mencapai US$191 miliar.

Kekayaan Bezos tidak hanya dari uang tunai dan investasi, tetapi juga terdiri dari US$ 500 juta dalam real estate, serta ditambah dengan perusahaan kedirgantaraan Blue Orgin dan Washington Post. Elon Musk diperkirakan telah kehilangan sekitar $4,5 miliar dikarenakan saham Tesla (TSLA) yang turun sekitar 2,4%. Kondisi ini membuat Musk harus rela tereliminasi dari posisi ke-2 Bloomberg Billionaires Index.

Saat pandemi covid-19 pada bulan Maret 2020, kekayaan Bezos bertambah sekitar $80,5 miliar. Bertambahnya kekayaan ini membuat Bezos secara singkat mencapai rekor kekayaan bersih $200 miliar dua kali dalam satu tahun terakhir pada Agustus 2020 dan April 2021.

Baca juga : Geser Bill Gates, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Kedua di Dunia

Bezos yang tidak lagi menjalankan Amazon, tetap mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham ecommerce tersebut dan kekayaan tersebut melonjak seiring dengan meroketnya harga saham perusahaan. Bagi Bezos berada di puncak peringkat kekayaan itu adalah hal yang biasa, dikarenakan sebelumnya Bezos pernah menyalip kekayaan Bill Gates pendiri Microsoft sebagai orang terkaya di dunia pada tahun 2017.

Selain itu, penurunan yang terjadi pada saham Tesla secara besar-besaran, membuat Bezos harus berebut posisi teratas dengan Musk sepanjang tahun 2021. Bezos berhasil menduduki puncak kembali pada musim semi 2021 disaat kekayaan bersihnya melampaui angka $200 miliar seiring dengan kenaikan harga saham Amazon. 

Sebelumnya, Elon Musk sempat menggeser posisi Jeff Bezos pada bulan Januari lalu sebagai orang terkaya di dunia, dikarenakan harga saham Tesla yang melonjak tinggi serta upah yang ia dapatkan dalam jumlah besar. Diketahui bahwa saat itu 170 saham Tesla yang dimilikinya meningkat sebesar $106 miliar selama tahun 2020, dikarenakan sahamnya yang melonjak 743% sepanjang tahun tersebut.

Pada bulan Januari, pengadilan menyetuju pembatalan perjanjian kompensasi Tesla sebesar $55,8 miliar yang awalnya ditandatangani oleh Musk pada tahun 2018.

Posisi terhadap gelar orang terkaya di dunia dapat berganti setiap beberapa bulan tergantung dari kinerja pasar. Dari situs Oxfam melaporkan bahwa sejak 2020, kekayaan bersih dari lima orang terkaya di dunia melonjak 114% menjadi US$869 miliar. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat