visitaaponce.com

Kemendag Harga Cabai Turun karena sudah Mulai Panen Raya

Kemendag: Harga Cabai Turun karena sudah Mulai Panen Raya
Ilustrasi(MI/Widjajadi)

Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Isy Karim mengungkapkan turunnya harga cabai di beberapa daerah disebabkan momentum panen raya di Jawa Timur.

"Di Jawa Timur panen. Kemarin sore saya sudah telepon teman-teman di sentra produksi. Mereka bilang sudah panen raya. Ada di Banyuwangi, Blitar, cabai sudah panen jadi harga mulai turun," ujar Isy di Bogor, Jawa Barat, Senin (18/3).

Berdasarkan pantauan langsung di lapangan, harga beragam jenis cabai sudah mengalami penurunan dibandingkan pekan lalu.

Baca juga : Memasuki Musim Panen, Harga Cabai Anjlok di Daerah Pantura Jateng

Di Pasar Anyer, harga cabai rawit dibanderol Rp60.000 per kilogram, cabai merah keriting sebesar Rp50.000 per kilogram, dan cabai merah besar Rp40.000 per kilogram. Pekan lalu, rata-rata harga cabai masih di level Rp100.000 per kilogram.

"Untuk tiga-tiganya, cabai merah besar, cabai merah keriting, cabai rawit turun sepanjang dua hari ini. Namun di pasar itu harga tidak sama," jelas Karim.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan juga mengatakan harga beras sudah mengalami penurunan dengan rentang Rp500-Rp1.000 per kilogram.

"Saya gembira karena beras turunnya sudah banyak, hampir Rp1.000 per kilogram. Mudah-mudahan akhir bulan sampai bulan depan akan panen raya sehingga akan normal harga beras lokal. Ini memang berasnya bulog stabil, distok terus, diguyur terus dari pemerintah baik SPHP maupun premium," ucapnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat