visitaaponce.com

Memasuki Musim Panen, Harga Cabai Anjlok di Daerah Pantura Jateng

Memasuki Musim Panen, Harga Cabai Anjlok di Daerah Pantura Jateng
Memasuki musim panen harga cabai di daerah pantura Jawa Tengah anjlok hingga 50% dari sebelumnya. Petani cabai sedang mengemas hasil panenny(dok.mi)

SEBAGIAN petani cabai mulai memasuki masa panen, harga cabai di berbagai pasar tradisional di pantura Jawa Tengah anjlok hingga 100 persen dari sebelumnya.

Pemantauan Media Indonesia Senin (16/1/2023) harga cabai di pasar tradisional di pantura Jawa Tengah anjlok hingga capai 50% dibandingkan sebelumnya Rp60.000-Rp70.000 per kilogram menjadi Rp30.000-Rp35.000 per kilogram.

Anjloknya harga cabai di beberapa daerah seperti Kabupaten/Kota Pekalongan, Kendal dan Kabupaten/Kota Semarang tersebut karena jumlah barang tersedia mulai berlimpah. "Beberapa daerah penghasil cabai memasuki musim panen," ujar Supartiningsih,65, pemasok cabai di Pasar Johar Semarang.

Mulai berlimpah berbagai jenis cabai, demikian Abdul Latif,45, pedagang cabai lainnya menjadikan harga menurun, karena daya beli juga menurun setelah liburan Natal dan tahun baru (Nataru) lalu.

Sementara itu Marzani, 50, petani cabai di Sumowono, Kabupaten Semarang mengatakan mulai Desember hingga memasuki awal tahun, jumlah panen cabai menurun karena hujan terus turun sehingga banyak yang busuk dan diserang patek.

"Kondisi sekarang sudah normal tapi harga turun," ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten  Semarang Wigati Sunu membenarkan kondisi ini, produksi cabai para petani sudah kembali normal sehingga ketersediaan barang di pasaran cukup besar.

"Sebelumnya petani mengalami kesulitan panen, karena cabai busuk akibat hujan lebat selama berhari-hari," ujar Wigati Sunu.

Pejabat Sekretaris Daerah Pemalang M Sidik mengatakan selain lahan pertanian cabai di daerah ini mulai memasuki masa panen, hasil budidaya cabai di pekarangan yang dilakukan juga telah memberikan dampak berlimpah cabai di pasaran.

Cabai merupakan penyumbang inflasi di daerah, lanjut Sidik, sehingga Pemkab Pemalang sejak beberapa bulan lalu lakukan pencanangan budidaya cabai di lahan pekarangan dengan membagikan bibit, hasilnya sekarang dapat dirasakan. (OL-13)

Baca Juga: Waspadai Peningkatan Cuaca Ekstrem Jelang Puncak Musim Hujan

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat