visitaaponce.com

Kementerian PUPR Dorong Produk Lokal dalam Bangun Infrastruktur

Kementerian PUPR Dorong Produk Lokal dalam Bangun Infrastruktur
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono terus mendorong penguatan produk dalam negeri dalam pembangunan infrastruktur.(Dokpri)

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono terus mendorong penguatan produk dalam negeri dalam pembangunan infrastruktur di lingkungan Kementerian PUPR. Hal ini ia utamakan bahan-bahan seperti aspal dan cat. 

"Saya sangat mendorong penguatan produk dalam negeri, khususnya bahan-bahan untuk pembangunan di PUPR seperti aspal dan cat," kata Basuki saat melakukan kunjungan ke pabrik cat Propan Raya di Tangerang, Senin (18/3/2024). Ia mengapresiasi Propan sebagai salah satu merek cat yang 100% merupakan produk anak bangsa dan berkontribusi dalam beberapa pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah melalui Kementerian PUPR. 

Rangkaian kunjungan itu diawali dengan tur ke Propan Dekorindo Raya sebagai pabrik yang menghasilkan cat water based dilengkapi dengan teknologi RPS. Ia melanjutkan kunjungan ke Alkindo Mitra Raya, pabrik penghasil resin yang merupakan salah satu bahan baku cat. Di Alkindo Mitra Raya, pengolahan limbah berlangsung baik sehingga tidak mencemari lingkungan. 

Baca juga : Libur Natal dan Tahun, Kemantapan Jalan Nasional Capai 92%

Basuki menyatakan komitmen Kementerian PUPR untuk terus menggunakan produk dalam negeri. Syaratnya, produk yang dihasilkan juga mutunya terjaga dan terus berinovasi sehingga dapat bersaing dengan produk luar. 

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengusulkan agar dapat memberikan jaminan peningkatan produksi untuk memenuhi permintaan pembangunan infrastruktur, dilakukan penambahan jumlah tenaga kerja. "Saya juga mengusulkan dapat dibuat Katalog Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di masing-masing halaman internet produsen sebagai informasi terbuka bagi konsumen, sehingga memudahkan kami sebagai user untuk memilih dan memudahkan audit TKDN," kata Iwan.

President Director PT Propan Raya Hendra Adidarma mengaku telah bekerja keras untuk terus meningkatkan produksi. "Kita tidak hanya fokus pada peningkatan kuantitas dan kualitas produksi, tetapi kita juga sudah banyak mendidik para pelajar/mahasiswa untuk membuat cat yang berkualitas," kata Adidarma dalam keterangan tertulis, Selasa (19/3). 

CEO Propan Raya Kris Rianto Adidarma mengungkapkan selama 45 tahun perusahaan berdiri melahirkan banyak inovasi. Ini mulai dari cat tembok, cat lantai, hingga cat kayu. (Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat