visitaaponce.com

Kebutuhan Pembiayaan Korporasi Meningkat pada Februari 2024

Kebutuhan Pembiayaan Korporasi Meningkat pada Februari 2024
Ilustrasi(Antara)

Bank Indonesia (BI) mencatat kebutuhan pembiayaan korporasi pada Februari 2024 mengalami peningkatan. Itu tecermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pembiayaan korporasi yang mencapai 11,1%. Angka itu lebih tinggi dibandingkan SBT di bulan sebelumnya yang hanya 6,5%.

Peningkatan kebutuhan pembiayaan korporasi didorong oleh peningkatan kebutuhan pada Lapangan Usaha (LU) Pertanian, Informasi dan Komunikasi, serta Real Estate. Kebutuhan pembiayaan korporasi terutama digunakan untuk mendukung aktivitas operasional dan membayar kewajiban yang jatuh tempo.

"Responden menyampaikan kebutuhan pembiayaan masih dipenuhi terutama dari dana sendiri (67,7%), yang lebih tinggi dibandingkan Januari 2024, diikuti pemanfaatan fasilitas kelonggaran tarik (9,7%), meski lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya," kata Asisten Gubernur Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono, Kamis (21/3).

Baca juga : Suku Bunga Kredit Perbankan Februari Naik 0,09%, BI Anggap Masih Kondusif

Adapun pembiayaan dari perbankan dalam negeri terindikasi meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Responden menyampaikan alasan pemilihan sumber pembiayaan masih dipengaruhi aspek kemudahan dan kecepatan perolehan dana serta biaya suku bunga yang lebih murah.

BI juga merilis hasil survei yang menunjukkan peningkatan penyaluran kredit baru oleh perbankan. SBT penyaluran kredit baru pada Februari tercatat 54,1%. Angka itu lebih tinggi dari SBT Januari yang hanya sebesar 24,5%.

Peningkatan penyaluran kredit baru terindikasi terjadi pada seluruh kategori bank dan pada seluruh jenis kredit.

"Faktor utama yang memengaruhi prakiraan penyaluran kredit baru pada Februari 2024 yaitu permintaan pembiayaan dari nasabah, prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta tingkat persaingan usaha dari bank lain," imbuh Erwin. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat